Walikota Mataram Ahyar Abduh (Foto: Istimewa)

gerbangindonesia.co.id, Mataram– Tim Pemeriksa Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) NTB akan melakukan pemeriksaan interim atas LKPD tahun anggaran 2018 Kota Mataram, pada sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola belanja modal terbesar di lingkup Pemkot Mataram yang menjadi target pemeriksaan.

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, pemeriksaan dibagi menjadi dalam dua tahap, yaitu pemeriksaan interim yang dilaksanakan sepanjang Februari selama 30 hari sampai dengan 6 Maret 2019, dan pemeriksaan terinci pada April 2019 setelah LKPD diserahkan pada BPK.

“Kami juga melakukan pemeriksaan terbatas pada akun-akun yang signifikan seperti pada kas daerah, bendahara pengeluaran, bendahara penerimaan, BLUD, dan lain-lain,” kata , Diyah Sulistiyawati, Ketua Tim BPKP, Rabu (6/2) seperti dikutip dari Antara.

Terkait pemeriksaan tersebut, Walikota Mataram, Ahyar Abduh mengaku Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram mengaku siap untuk diperiksa dan mendukung sepenuhnya atas pemeriksaan yang akan dilakukan oleh tim BPKP.

Dia menilai pemeriksaan itu sangat penting agar dalam rangka melaksanakan tugas dan amanah selaku pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik, jujur, dan tidak berkaitan dengan aparat penegak hukum.

Selain itu, dalam melaksanakan tugas tidak menemui halangan ataupun hambatan terkait dengan masalah pengelolaan keuangan. Sehingga bila nantinya dalam pemeriksaan terdapat indikasi temuan di bidang administrasi, segera dapat disikapi dan dilakukan tindakan untuk memastikan anggaran tepat sasaran sesuai dengan perencanaan, tanpa menimbulkan kerugian negara.

“Belum satu bulan kami ada rotasi jajaran pimpinan, tetapi pada prinsipnya sangat menyambut baik tugas-tugas pengawasan dan pembinaan dari BPKP,” kata Ahyar Abduh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here