Gerbang.co.id, Mataram – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram, memastikan sudah tidak ada kekurangan blangko KTP Elektronik. Karena saat ini, persediaan blangko KTP Elektronik di Kota Mataram masih mencukupi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram, Chaerul Anwar melalui Bidang Pendaftaran penduduk, Hasmin mengatakan, saat ini blangko yang masih tersedia yaitu sebanyak 5.000 keping. Sehingga dengan adanya persediaan blangko KTP ini maka masyarakat tidak lagi menerima surat keterangan (suket) ketika sudah merekam.

“Kemarin minggu lalu pak kadis sudah datang ke pemerintah pusat untuk mengambil blangko. Jadi nanti akan tetap tersedia,”ujarnya.

Diterangkan Hasmin, persediaan blangko yang dimiliki saat ini masih difokuskan untuk masyarakat yang sudah menerima surat keterangan.

“Ya kita fokuskan ke masyarakat yang menerima surat keterangan dan yang baru merekam juga,”katanya.

Siswa dan siswi SMAN 1 Mataram membuat KTP di Sekolah.

Saat ini, hasil pencetakaan KTP juga sudah terpantau di pemerintah pusat. Sehingga jika blangko sudah hampir habis maka Dinas Dukcapil Kota Mataram akan segera mengusulkan permintaan kembali.

“Progres pencetakannya dilihat di Jakarta juga, kalau habis segera akan diberikkan lagi,”terang Hasmin.

Sementara untuk wajib KTP, pihaknya masih memprogram untuk anak – anak sekolah yang berusia 17 tahun. Petugas dari Dinas Dukcapil mendatangi langsung sekolah – sekolah yang ada di Kota Mataram baik swasta maupun negeri.

“Kita masih program ke sekolah – sekolah ini,”ujarnya.

Melalui program ini, anak – anak sekolah yang sudah wajib KTP bisa mendapatkan langsung salah satu tanda kependudukannya. Karena petugas akan melakukan perekaman dan mencetak langsung KTP siswa. Hal ini dilakukan agar wajib KTP yang memiliki tanda kependudukan tersebut bisa cepat terselesaikan.

“Sekarang ini masih kita tetap sisir sekolah – sekolah. Kemarin pondok pesantren sudah. Ini kita lakukan sebelum mereka mulai ujian dan libur sekolah,”pungkasnya.(ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here