GerbangIndonesia, Lotim – Selain mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) juga bisa dicetak sendiri. Hal ini mengacu Permendagri Nomor 109 tahun 2019.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lotim, Satriadi menerangkan, sistem yang berlaku saat ini sudah didesain sedemikian rupa. Sehingga setiap pengurusan masyarakat akan meminta nomor HP dan email. Sehingga dokumen tersebut langsung masuk melalui email dan bisa dicetak langsung tanpa perlu datang ke Dukcapil terlebih dahulu.

“Ketika tandatangan elektronik sudah diberikan kepada setiap dokumen itu, maka sistem itu otomatis akan mengirimkan link untuk mendapatkan File Pdf dari dokumen itu,” ungkap Satriadi saat ditemui di ruangannya,(15/7).

Dikatakan, sampai saat ini masih banyaknya masyarakat yang melakukan pengurusan yang tidak bisa memberikan email. Sehingga membuat pihak Dukcapil sendiri yang mencetaknya dan harus menunggu.

Untuk E-KK tersebut sebenarnya didesain untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan KK sendiri. Sehingga masyarakat bisa mencetak sendiri dan tidak perlu menunggu atau datang lagi ke Dukcapil.

“Mereka tinggal datang bawa berkas dan di verifikasi berkasnya. Setelah diverifikasi, mereka bisa langsung pulang tidak perlu nunggu,” katanya.

Lanjut Satriadi, untuk masyarakat yang tidak bisa memberikan email maka dicetakkan menggunakan email UPT. Kemudian jika diuruskan oleh desa maka akan menggunakan email Desa terkait, mengingat sistem tersebut tidak bisa diproses kalau tidak diberikan email.

Adapun dengan pencetakan menggunakan kertas HVS tersebut jika difotocopy tidak perlu dilegalisir dan untuk mengetahui asli dan tidaknya dokumen tersebut bisa di-scan melalui barcode-nya. Sehingga nantinya akan muncul identitas yang punya dokumen tersebut.

“Nanti download barcode scaner itu kemudian dipindai akan muncul data-data yang punya itu. Kalau yang keluar itu lain dengan data yang punya berarti itu palsu,” pungkasnya. (gi03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here