Alhamdulillah, Kini Anak-anak Lereng Tambora Miliki Taman Baca

0
112
Share Post

Gerbangindonesia.co.id, Dompu – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Laskar Tambora resmi diluncurkan di Dusun Gunung Sari, Desa Doropeti, Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Kamis (21/5). Peluncuran TBM ini dirangkai dengan penyantunan yatim dan dhuafa.

Peluncuran TBM Laskar Tambora di bulan Ramadan ini diinisiasi oleh Ishak Baedhowi, salah satu pegiat baca di Kabupaten Dompu. Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum HMPS Teknik Informatika dan Lembaga Pers Mahasiswa di Universitas Hamzanwadi ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca bagi generasi muda.

Ishak menyampaikan keprihatinannya melihat kondisi anak-anak generasi muda di lingkungannya nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah.

“Saya berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak-anak dan remaja. Kami sajikan secara sederhana kepada mereka,” ujarnya

Ia menambahkan bahwa kondisi kampung Gunung Sari memiliki potensi yang sangat luar biasa. Baik dari alam dan juga SDM-nya. Tapi semua itu belum maksimal dirasakan manfaatnya, karena akses sinyal yang belum memenuhi. Di sisi lain jalan yang seperti sungai setiap hujan besar, dan akses pendidikan lainnya juga masih jauh dari harapan. Oleh karenanya masyarakat setempat masih banyak membutuhkan pembinaan di segala bidang, khususnya dalam dunia pendidikan.

Photo bersama anak-anak yatim dan dhuafa bersama Ketua TBM Laskar Tambora, Kepala Dusun Gunung Sari dan tokoh agama, masyarakat serta para remaja Gunung Sari.

“Terutama pada anak-anak dan remaja yang lebih senang main handphone daripada membaca. Sehingga dengan keberadaan taman baca ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui pendidikan,” harapnya.

Dalam peluncuran TBM tersebut juga dirangkaikan dengan acara santunan yatim dan dhuafa. Program santunan ini atas kerjasama dengan TBM Al-Jamil Celiungsi Bogor dan beberapa donatur lainnya yang mendonasikan rizkinya untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim di lereng Gunung Tambora ini.
“Ada donatur Lombok, bahkan ada dari Malaysia,” katanya bangga.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dusun Gunung Sari, BPD Gunung Sari, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para remaja setempat.

Kepala Dusun Gunung Sari, Mukrin Jamaluddin sangat mengapresiasi langkah dan ikhtiar dalam membentuk taman bacaan masyarakat tersebut.

Ia berharap ke depan TBM Laskar Tambora ini memiliki banyak koleksi buku yang dapat dibaca oleh anak-anak, maupun masyarakat secara umum untuk peningkatan SDM masyarakat di masa mendatang.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada adinda Ishak Baedhowi selaku inisiator dari Taman Baca ini. Ini adalah sebuah langkah konkrit untuk membawa perubahan yang lebih baik,” harapnya.

Dalam acara santunan tersebut setidaknya ada 48 anak-anak di Dusun Gunung Sari mendapatkan THR dan juga bingkisan berupa buku dan pulpen.

Untuk diketahui hingga saat ini TBM Laskar Tambora sedang membuka donasi buku. Selain itu dalam bentuk uang untuk memenuhi segala kebutuhan dan fasilitas sebagai penunjang untuk berjalannya pendidikan yang merata kepada anak-anak di pelosok lereng Tambora tersebut. Bagi yang ingin berdonasi, bisa menghubungi : 082339925400

💳 DONASI KEBAIKAN
Dapat disalurkan melalui Rekening Donasi Bank NTB Syariah : 5010200288314 a/n Ishak Badawi. Konfirmasi donasi ke nomor (WA) : 082339925400

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here