Apakah Ibadah Haji akan Tertunda?, Ini Jawaban Kemenag Kota Mataram

0
244
Share Post

Gerbang .co.id, Mataram – Pemerintah Arab Saudi melakukan penangguhan pelaksanaan ibadah umrah untuk warga negara asing (WNA) dan warga negaranya sendiri. Hal ini guna menekan penyebaran virus corona. Sementara untuk haji belum ada keputusan apakah akan ditunda atau tidak.

Plt Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H. Sirojudin mengatakan, pihaknya hanya mendapatkan informasi terkait penangguhan pelaksanaan ibadah umrah tahun ini. Sementara untuk pelaksanaan ibadah haji, dinilai akan tetap dilaksanakan pada saat musim haji.

“Duta besar RI untuk Arab Saudi, ada kemungkinan kalau yang umrah. Tapi kalau haji katanya belum ada dari pemerintah Saudi. Kan kalau umrah kan ibadah sunnah ini. Tapi kalau haji kan ibadah wajib. Itu katanya pertimbanganya. Kalau haji masih tetap,” katanya, Jumat (6/3) di Mataram.

Menurutnya, penundaan pelaksanaan ibadah umrah ini dilakukan karena masih bersifat sunnah. Sementara untuk pelaksanaan ibadah haji yang hanya dikerjakan sekali dalam setahun dan merupakan rukun islam yang kelima sehingga bersifat wajib.

“Kan kalau umrah ini sifatnya ibadah sunnah. Tapi kan kalau haji itu ibadah wajib itu informasinya,” terangnya.

Penundaan untuk pelaksanaan ibadah umrah ini juga dalam rangka mempersiapkan fasilitas untuk kedatangan jamaah haji. Di mana, tahun 2020 ini pemberangkatan jamaah calon haji ke tanah suci sekitar awal Juli mendatang.

“Pertimbanganya penundaan ibadah umrah ini untuk bersih mempersiapkan haji,” ujarnya.

Selain itu, berdasarkan informasi yang diterima Kementerian Agama Kota Mataram, saat ini Duta Besar RI untuk Arab Saudi tetap melakukan evaluasi terhadap penundaan tersebut.

Untuk diketahui, jumlah jamaah calon haji Kota Mataram tahun 2020 ini sebanyak 750 orang. Saat ini tahapan yang mulai dilakukan yaitu pemeriksaan kesehatan di masing – masing puskesmas. Sementara untuk kelengkapan dokumen seperti paspor, hampir semua jamaah haji sudah menyelesaikannya. (ami)

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here