Share Post

Bimbel di Sini, Bayarnya Pakai Kotoran Ternak

Share Post

GerbangIndonesia, Lotim – Sekolah Tiga Menit merupakan sebuah lembaga informal yang berada di Dusun Letok Desa Rumbuk Timur, Kecamatan Sakra. Lembaga ini berdiri sejak 2018 silam. Para anak didik di sini terdiri dari anak-anak SD hingga lansia.

Pendiri Sekolah Tiga Menit, Marjan menerangkan, sekolah ini awalnya hanya perpustakaan biasa. Namun sempat stagnan. Sehingga ia kemudian berpikir untuk menampung anak-anak di dusun setempat untuk dibina dan diberikan bimbingan belajar (Bimbel).

Sedangkan untuk tenaga pendidik yang mengajar di sekolah tersebut ia tidak menggunakan guru pada umumnya. Namun ia lebih memilih menggunakan mahasiswa-mahasiswa dan sarjana yang ada di dusun setempat untuk memberikan arahan dan materi terhadap anak-anak.

“Awalnya kurang diminati, tapi sekarang sudah ada 50-60 orang murid. Untuk waktu belajarnya sendiri dimulai dari jam 4 hingga jam 5 sore.

Lanjut Marjan, sebelum adanya pandemi Covid-19 anak-anak belajar tiga kali seminggu. Namun saat ini mulai dibatasi.

Selain membina anak-anak tingkat SD, sekolah tiga menit tersebut juga membuat kelas atau pembinaan terhadap para remaja dan lansia. Kelas remaja akan diberikan bimbingan untuk melakukan bisnis atau usaha dan untuk lansia akan dilakukan pembinaan bercocok tanam.

“Untuk gurunya kita akan undang instansi terkait. Misalkan orang tua kita akan datangkan dari pihak Dinas Pertanian untuk diberikan materi terkait pertanian. Begitu juga dengan remaja, akan diajarkan bagaimana membuat pupuk dan memasarkan hasil Pertanian nya,” jelasnya.

Sedangkan untuk biaya sekolah peserta didik tidak dimintai uang. Namun anak-anak akan membayar dengan membawa sekantong keresek kotoran ternak seadanya.

“Kotoran ini kita kumpulan, kemudian akan diolah menjadi pupuk oleh kelas remaja. Hasilnya, akan diberikan kepada petani yang ada di dusun setempat untuk digunakan sebagai pupuk sayuran mereka,” jelasnya. (gi03)

Recent Articles

Kepala Bakesbangpoldagri NTB Tutup Usia, Sekda: Kami Sangat Kehilangan

GerbangIndonesia, MATARAM - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Dirjaharta...

Jenazah Pasien Covid Diambil Keluarga, Polisi Turun Berikan Edukasi

GerbangIndonesia, Mataram – Pengambilan jenazah positif Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat...

Wagub Minta Pemkot Mataram Seriusi Tangani Covid-19

GerbangIndonesia, Mataram – Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat merupakan daerah dengan zona merah Covid-19 di Provinsi NTB,...

Emergency, Dana Langsung Cair

Gerbang indonesia, Lotim –Pencairan permohonan bantuan emergency di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Timur membutuhkan waktu...

Alhamdulillah, Sertifikasi Guru di Lotim Segera Cair

GerbangIndonesia, Lotim - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur segera mencairkan gaji guru sertifikasi, baik tingkat SD...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox