Share Post

Uhel: ASN Tidak Mungkin Netral

Share Post

GerbangIndonesia, Loteng – Munculnya beberapa nama kandidat bakal calon Kepala Daerah (Kada) dari kalangan Birokrat Lombok Tengah memicu kekhawatiran publik tentang netralitas para ASN.

Pasalnya, birokrat yang ikut dalam bursa Pilkada kali ini merupakan pejabat-pejabat penting di Gumi Tatas Tuhu Trasna, Lombok Tengah.

Di antara pejabat yang bakal maju dalam Pilkada Lombok Tengah seperti H Nursiah yang masih aktif sebagai Sekda. Kemudian ada nama H Masrun yang masih menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta yang terakhir adalah HL Aswatara sebagai Inspektur Inspektorat Lombok Tengah.

Bupati Lombok Tengah, H.Moh. Suhaili FT memberikan jawaban menarik ketika ditanya mengenai netralitas para ASN dalam menghadapi fenomena semacam ini.

“ASN itu mustahil bisa dipaksa netral,” jawabnya tegas dalam nada santai saat ditanya beberapa awak media.

Dia mengatakan, kemustahilan itu terjadi karena hak pilih masih melekat di tubuh para ASN. Hal itu juga akan menjadi sia-sia ketika hak pilih itu tidak digunakan nantinya.

“Kalau mau lihat ASN netral, cabut dulu hak pilihnya,” sambungnya.

Bahkan, lanjut Bupati yang akrab disapa Abah Uhel itu, warga Indonesia yang berada pada posisi netral seperti TNI dan Polri saja sulit untuk bersikap netral.

“Misalnya ada keluarga kerabatnya yang mencalonkan diri, ya tidak bisa juga dianggap netral kan, mereka hanya tidak boleh memilih, pasti ada dukungan support yang diberikan,” ujarnya.

Meski begitu, Abah Uhel mengatakan, yang patut ditegaskan saat ini adalah agar keterlibatan pegawai negeri dalam politik praktis tidak terjadi.

“Kalau yang akan maju kan nanti ada aturan dari KPU dan Bawaslu itu. Tunggu saja oke,” tandasnya. (gi05)

Recent Articles

Jenazah Pasien Covid Diambil Keluarga, Polisi Turun Berikan Edukasi

GerbangIndonesia, Mataram – Pengambilan jenazah positif Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat...

Wagub Minta Pemkot Mataram Seriusi Tangani Covid-19

GerbangIndonesia, Mataram – Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat merupakan daerah dengan zona merah Covid-19 di Provinsi NTB,...

Emergency, Dana Langsung Cair

Gerbang indonesia, Lotim –Pencairan permohonan bantuan emergency di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Timur membutuhkan waktu...

Alhamdulillah, Sertifikasi Guru di Lotim Segera Cair

GerbangIndonesia, Lotim - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur segera mencairkan gaji guru sertifikasi, baik tingkat SD...

Wagub Sidak Pasar Tradisional

GerbangIndonesia, Mataram - Angka kasus positif Covid-19 di Kota Mataram terus meningkat dan menjadi satu-satunya wilayah yang menjadi...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox