FOTO PRIVATE ISLAND ONLINE.COM

GerbangIndonesia, Lobar – Sebanyak sembilan pulau di Indonesia ternyata dijual melalui situs online. Padahal, pulau-pulau tersebut merupakan aset negara yang dikuasai pemerintah daerah setempat.

Sebut saja Gili Tangkong dan Gili Nanggu di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Dalam situs Private Island tersebut, kedua pulau milik aset Pemprov NTB ini secara terang-terangan membuat penawaran kepada para calon investor atau pribadi.

“Intinya tidak ada gili yang dijual. Kalau untuk investasi, ya benar,” kata Kepala Dinas Kominfotik NTB, I Gede Putu Ariyadi yang dicecar media, Senin (8/2).

Gede mengungkapkan, Pemerintah Provinsi NTB sangat terbuka mengenai investasi. Seperti program Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yakni mempermudah investasi.

“Kita memberikan kemudahan investasi, tapi bukan berarti menjual. Mungkin itu situs bodong,” tandasnya.

Hal serupa ditegaskan Polres Lombok Barat. Berdasarkan hasil penelusurannya, Polres Lombok Barat menemukan titik terang dalam isu tersebut.

“Kita sudah klarifikasi Kepala Desa, maupun pihak Kecamatan Sekotong, bahkan hingga BPKAD Provinsi NTB. Ternyata desa maupun Kecamatan Sekotong tidak mengetahui hal itu.
Kemudian dari penjelasan BPKAD, gili seluas 7.2 hektare itu adalah hoaks,” tegas Kasat Reskrim Polres Lombok Barat, AKP Dhafid Shiddiq, S.H.,S.I.K.

Informasi yang diterimanya pula bahwa gili tersebut sebelumnya dikelola melalui PKS (Perjanjian kerja sama) pemanfaatan lahan dengan PT ERIKSEAT RESORT SPA sejak 2019 dan berakhir 18 Desember 2020 lalu.

Maski sudah berakhir, namun pemerintah daerah sudah mengadakan pengumuman pemanfaatan kembali terhadap lahan dan PT tersebut akan memperpanjang pemanfaatannya.

“Tapi karena pandemi Covid-19, bos PT tersebut belum bisa datang ke NTB karena pemilik PT dari Singapura. Intinya itu aset NTB dan sertifikatnya juga masih di BPKAD,” pungkasnya.

Berikut kesembilan pulau yang dipasarkan melalui situs www.privateislandonline.com :

1. Tojo Una-Una Island


Tojo Una-una adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Ampana. Semula kabupaten ini masuk dalam wilayah Kabupaten Poso namun berdasar pada UU No. 32 Tahun 2003 Kabupaten ini berdiri sendiri. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.721,51 km² dan berpenduduk sebanyak 153.991 jiwa.

2. Gili Tangkong Island


Gili Tangkong merupakan salah satu deretan pulau kecil yang dimiliki Nusa Tenggara Barat. Pulau yang berada di Kabupaten Lombok Barat ini memiliki luas 7,2 hektare.

3. Ayam Island


Pulau Ayam terletak di Kecamatan Jemaja Timur, Kepulauan Riau. Pulau ini memiliki pantai yang masih alami dengan pasir putihnya.
Karena pulaunya yang dikelilingi oleh lautan, maka Pulau Ayam memiliki air laut yang jernih. Pasir pantainya yang bewarna putih dan landai menjadi salah satu tambahan keindahan dari pulau ini.


4. Gili Nanggu Island


Gili Nanggu merupakan salah satu pulau dengan luas sekitar 8 hektare yang ada di sisi barat Pulau Lombok. Masuk dalam wilayah administratif Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

5. Panjang Island


Pulau Panjang adalah pulau yang terdapat di Jepara, Jawa Tengah. Pulau dengan luas 19 hektare ini berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara.


6. Kembung And Yudan Island


Pulau Kembung memiliki luas 3 hektare. Sedangkan Pulau Yudan memiliki luas 28 hektare. Kedua pulau ini berada tidak jauh dari Pulau Ayam yakni DI Kecamatan Anambas Kepulauan Riau.

7. Sumba Island Preperties


Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km². Pulau ini sendiri terdiri dari empat kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur.

8. Surf Beach Property


Surf Beach Property juga bagian dari kepulauan Sumba Nusa Tenggara Timur. Belum jelas apakah situs tersebut berbuat memasarkan pulau atau hanya lahan di kawasan pulau ini.

9. A-Frames Island


Pulau A-Frames berada di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pulau ini juga dipasarkan melalui situs Private Island tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here