GerbangIndonesia, Lotim – Stok blanko untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur hingga dua bulan kedepan dijamin masih aman. Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Pelayanan pendaftaran Penduduk Dukcapil Lotim, Syaiful Azkari.

Dia mengatakan, jumlah blanko yang tersedia di Dukcapil saat ini sekitar 10.000 keping. Dimana setiap kecamatan nantinya akan diberikan jatah untuk pembuatan E-KTP mencapai 100 dalam satu kali pengambilan.

“Kalau itu habis, pihak camat bisa langsung ke sini untuk mengambil. Tentunya dengan membawa bukti laporan dari UPT untuk mengendalikan blanko,” terangnya, Sabtu (10/4).

Kata dia, dengan adanya ketersedian blangkoo tersebut, nantinya akan digunakan untuk pencetakan berupa pembuatan E-KTP baru, penerbitan KTP pindah datang dan penerbitan KTP yang mengalami perubahan elemen data.

“Seperti mengubah status, adanya perubahan pekerjaan dan pembuatan E-KTP yang bilamana KTP-nya hilang dan mengalami kerusakan,” tuturnya.

Lanjut Azkari, bagi masyarakat yang kehilangan KTP-nya dan hendak untuk membuat E-KTP baru, harus dibuktikan dengan membawa surat kehilangan dari kepolisian.

Adapun, untuk masyarakat yang E-KTP mengalami kerusakan, diharuskan untuk membawa bukti fisik berupa KTP yang rusak tersebut.

“Yang rusak ini harus bawa bukti fisiknya agar kita bisa lihat. Apakah benar-benar rusak atau tidak, baru kita nyatakan rusak kalau elemen-elemen datanya tidak bisa dibaca,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here