Ilustrasi Vaksin (Dok: Mayora Group)

GerbangIndonesia, Jakarta – Dalam rangka mempercepat program vaksinasi, beberapa negara menerapkan ajakan yang bermacam-macam seperti mendapatkan cashback hingga diskon belanja.

Namun strategi tersebut ternyata masih kalah ektrem dengan yang dilakukan pemerintah di salah satu kota di Rusia.

Dilansir dari Moscow Times, untuk masyarakat di Rusia yang sudah vaksin bakal dapat kesempatan membawa pulang mobil baru. Hal ini disampaikan langsung oleh walikota Moskow, Sergei Sobyanin.

“Mulai 14 Juni hingga 11 Juli 2021, warga yang sudah suntik vaksin COVID-19 dosis pertama akan menjadi peserta undian mobil,” ujar Sobyanin dalam siaran pers.

Setiap minggu lima mobil akan diundi, masing-masing bernilai sekitar 1 juta rubel Rusia atau sekitar Rp 198 juta.

“Tetapi tentu saja keuntungan utama bagi mereka yang divaksinasi tidak dapat dibandingkan dengan mobil mana pun. Ini adalah masalah kesehatan dan ketenangan pikiran mereka sendiri,” kata Sobyanin.

Namun tidak disebutkan mobil jenis apa yang bakal diberikan kepada pemenang yang sudah melakukan vaksin COVID-19.

Program vaksinasi ini memang gencar dilakukan pemerintah Rusia seiring pertambahan jumlah kasus akir-akhir ini.

Bahkan pemerintah setempat memberlakukan pembatasan seperti pekan tidak bekerja hingga 20 Juni 2021.

Berdasarkan aturan tersebut, semua pekerja yang tidak berada di bidang penting tak diperkenankan ke kantor, tetapi mereka tetap digaji.

Walikota Sobyanin juga memberlakukan kembali jam malam untuk bar dan restoran, melarang mereka melayani pelanggan antara pukul 23.00 dan pukul 06.00.

Penghitungan pemerintah melaporkan 7.704 kasus baru infeksi Virus Corona COVID-19 di Moskow pada hari Minggu, tertinggi dalam enam bulan.

Meskipun memberlakukan lockdown ketat setelah pandemi COVID-19 melanda Rusia musim semi lalu, pihak berwenang mencabut sebagian besar pembatasan pada pertengahan musim panas dalam upaya melindungi ekonomi yang tengah dalam masa sulit. (red)

Editor: Lalu Habib Fadli

Source: Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here