Dandim 1606/Mataram, Kolonel Arm. Gunawan bersama tiga pejabat daerah dari tiga kabupaten/kota berfoto bersama, Senin (20/9). FOTO LALU HABIB FADLI/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Mataram – Guna mengoptimalkan penanganan Covid-19, Kodim 1606/Mataram memperkuat tiga wilayah kerja yakni Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara dan Kota Mataram. Pasalnya, peran penting pemerintah daerah sebagai tonggak dalam menangani penyebaran Covid-19, terutama dalam menyambut perhelatan World Superbike (WSBK) di Indonesia, khususnya Lombok Tengah, menjadikan wilayah kerja Kodim 1606/Mataram sebagai salah satu tempat singgah bagi wisatawan yang menyaksikan WSBK November 2021 mendatang.

Baca Juga: Sukses, AMSI-Google News Initiative Gelar Training Literasi di 10 Wilayah Indonesia

“Kita memperkuat wilayah kerja kita. Terutama sedang kami perkuat betul adalah SDM-nya, destinasi wisata, lalu kecukupan akomodasi dan logistik, serta terpenuhinya vaksinasi bagi masyarakat, remaja, lansia dan para pelaku wisata,” kata Dandim 1606/Mataram, Kolonel Arm. Gunawan saat dimintai keterangan usai Rapat Koordinasi Analisa dan Evaluasi Percepatan Vaksinasi Provinsi NTB, di Ruang Rapat Utama Gubernur NTB, Senin (20/9).

Dandim menjelaskan, tiga wilayah ini sudah siap dengan kedatangan wisatawan di wilayahnya masing-masing. Ketiga wilayah ini juga sudah kita lakukan percepatan vaksinasi, dimana sinergitas antara pemerintah daerah bersama TNI-Polri terus ditingkatkan guna tercapainya Herd Immunity di tiga kabupaten/kota penyangga KEK Mandalika ini.

Ditambahkan, ketiga wilayah ini nantinya mendukung kegiatan WSBK yang rencananya akan dilaksanakan November mendatang. Kabupaten Lobar salah satunya, di daerah pariwisata Senggigi sudah mencapai 90 persen pekerja telah tuntas dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Jadi wisatawan tidak perlu takut lagi akan terpapar Covid-19. Selain vaksinasi, beberapa lokasi penginapan seperti hotel dan lainnya sudah mengantongi sertifikat Cleanliness, Health, Safety, dan Environment (CHSE) dari Dinas Kesehatan dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif. Lobar, KLU dan Kota Mataram insya Allah siap menyambut perhelatan ajang WSBK,” tegasnya.

Kolonel Arm. Gumawan juga mendorong masyarakat di tiga wilayah untuk meningkatkan kesadaran dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya dengan mempercepat vaksinasi bagi remaja usia 12 tahun hingga lansia, sehingga di tiga wilayah ini mencapai Herd Immunity di atas 70 persen.

“Karena setiap hari minimal 300 hingga 500 dosis vaksin disebar. Tentunya dengan sinergitas antara pemerintah daerah, TNI-Polri, dan masyarakat. Ini semua demi tercapainya Herd Imunnity untuk kita semua,” harapnya.

Di satu sisi, dalam melaksanakan percepatan vaksinasi untuk para pelajar, Kodim 1606/Mataram sudah mendatangi sejumlah sekolah setingkat SMP dan SMA.

“Kami berharap dan mengimbau bahwa anak-anak sekolah harus ikut divaksin supaya dapat belajar secara tatap muka penuh,” seru perwira tiga melati itu.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, Kodim 1606/Mataram Turun ke Sekolah

Bahkan hingga kini kata Dandim, sudah ada sekitar 200 ribu dosis telah disalurkan untuk pelajar, masyarakat dan tenaga kesehatan, baik dosis pertama dan kedua. Dengan capaian di Kota Mataram mencapai 73,84 persen, Lombok Barat 17,44 persen dan KLU 30,46 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua di Kota Mataram mencapai 46,94 persen, Lombok Barat 8,62 persen dan KLU 13,63 persen. (abi)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here