Produk sepatu seri budaya Wayang Kulit yang ditulis Adidas dari budaya Malaysia.[Instagram]

GerbangIndonesia, Jakarta – Akun Instagram Adidas Singapura ramai dikecam warganet Indonesia. Hal ini dikarenakan Adidas menyebut wayang kulit adalah warisan Malaysia.

“Rayakan warisan budaya Malaysia melalui sudut pandang @JAEMYC di #UltraBoost DNA City Pack kami berikutnya!” tulis akun Instagram @adidassg, dikutip dari akun Twitter @nuicemedia, Selasa (16/11/2021).

Caption Instagram Adidas Singapura itu kemudian diubah dari Malaysia menjadi Indonesia. Berikut isinya:

“Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi daerah lain di Asia Tenggara. Desain #UltraBOOST DNA City Pack memberi penghormatan kepada bentuk seni lewat menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan “old-meets-new” pada DNA UltraBOOST. Paket diluncurkan pada 11 November 2021. Catat tanggalnya!” tulis Instagram Adidas Singapura.

Baca Juga:Tuai Kritikan dari Warganet, Adidas Minta Maaf Usai Sebut Wayang Kulit dari Malaysia

Berdasarkan pantauan Suara.com hingga berita ditulis, lebih dari 23.687 komentar di postingan tersebut. Komentar paling populer didominasi oleh warganet Indonesia.

“Wayang is Indonesian culture!” kata @tiaraseptiani.r.

Postingan soal penyebutan Addidas soal wayang kulit berasal dari malaysia. [Twitter]
Postingan soal penyebutan Adidas soal wayang kulit berasal dari malaysia. [Twitter]

“Are you joking?” kata @lkldz.

“WAYANG BELONGS TO INDONESIA!!!!!” kata @bababubu.id.

“Wayang is recognized by UNESCO as the original cultural heritage of INDONESIA, not from other countries. Hopefully we can all equally appreciate the cultural heritage of each country,” kata @___akhania.

Baca Juga:Salah Sebut Asal Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Akhirnya Minta Maaf

“Wayang from java, Indonesia NOT MALAYSIA,” kata @ricohdta.

Mendapat protes ini, Adidas Singapura kemudian meminta maaf ke para warganet Indonesia lewat Stories yang disimpan di Highlight.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah diambil dan sekarang telah mengubah post kami,” ujar Adidas Singapura.

“Untuk menghindari keraguan, baik merek maupun artis tidak berniat mengklaim artform budaya dari Indonesia,” tandas @adidassg.

Postingan Addidas Singapura. [Instagram]
Postingan Adidas Singapura. [Instagram]

Sebagai informasi, Wayang Kulit sudah diakui UNESCO sebagai bagian kebudayaan Indonesia pada 2003. Wayang Kulit masuk ke dalam kategori warisan budaya tak benda. (red)

Editor: Lalu Habib Fadli

Source: Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here