Acara diskusi bersama insan pers, Selasa (28/12). FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Mataram – Lembaga Kantor Berita Antara menggandeng Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menggelar diskusi bersama insan pers di NTB, Selasa (28/12). Agenda yang digelar di Hotel Santika Mataram ini bertema  “Peran Media di Tengah Informasi Hoaks di Masyarakat”.

Baca Juga: Jika 2024 NasDem Ungguli PKS, Zul-Rohmi Diprediksi Oleng

Kepala Biro Antara NTB, Riza Fahriza menjelaskan, peranan insan media melawan informasi hoaks sangat penting. Sehingga dirinya menyadari, harus bersinergi dengan insan pers lainnya guna menangkal hoaks di tengah masyarakat.

“Saat ini media sosial sangat kuat. Masyarakat bisa langsung menelan informasi mentah-mentah, tanpa melihat keakuratan informasi itu,” jelas Riza saat membuka diskusi.

Oleh sebab itu, pria berewok itu berharap insan pers, khususnya di NTB bisa berkolaborasi untuk menangkal berita hoaks di tengah masyarakat.

“Makanya kami mengajak teman-teman bantu kami untuk meluruskan informasi hoaks itu yang disebar oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” ajaknya.

Sementara pemeriksa fakta senior Mafindo, Dedy Helsyanto mengaku bahwa media, khususnya media lokal dapat memberikan kontribusi banyak bagi kemajuan masyarakat di daerah. Sehingga peran media turut membantu melawan hoaks sangat diharapkan.

Baca Juga: Lima Zodiak Ini Diprediksi Bakal Kaya Raya di Masa Depan, Kamu Termasuk?

“Jika memang ada berita atau informasi hoaks yang kita ketahui, baiknya kita carikan sumbernya dulu agar semuanya jelas. Kita bisa cari tools untuk mencari kebenaran informasi itu, kemudian kita publish di media masing-masing,” pesannya. (abi)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here