Pembukaan Piala Bergilir HARUM Cup I tahun 2022. FOTO LALU HABIB FADLI/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Mataram – Pengurus Tae Kwon Do Kota Mataram menggelar Piala Bergilir HARUM Cup I tahun 2022 NTB-Bali dibuka secara resmi, Jumat (19/8/2022). Pertandingan sendiri bakal diselenggarakan di Gelanggang Olahraga 17 Desember Mataram selama tiga hari, mulai 19-21 Agustus.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Mendatangkan MotoGP Kembali ke Indonesia, Setelah Absen 25 Tahun

Ketua panitia penyelenggara, Rizky Nova Pratama menyatakan, bahwa Kejuaraan Tae Kwon Do Piala Bergilir HARUM Cup I 2022 NTB-Bali ini diikuti oleh 750 atlet peserta. Para peserta berasal dari 10 kabupaten/kota se-NTB dan dua kabupaten dari Provinsi Bali yaitu Kabupaten Klungkung dan Karang Asam.

“Kejuaan ini akan mempertandingkan kelas pemula, cadet, prestasi, junior serta senior prestasi,” ujarnya.

Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Tae Kwon Do Mataram, Edy Shopiaan dalam sambutan pembukaannya mengatakan, Tae Kwon Do merupakan olahraga yang mengutamakan kekeluargaan, gotong royong dan sportivitas. Sehingga Tae Kwon Do bukan hanya sekadar olahraga beladiri, akan tetapi merupakan olahraga hiburan yang mencerminkan kerjasama antara seluruh atlet, pelatih serta pengurus.

Tae Kwon Do Indonesia (TI) Kota Mataram kata Edy, selama kepengurusannya telah mengikuti tiga kali kejuaran yang diselenggarakan di Pulau Sumbawa dan kali ini di Mataram sekaligus sebagai penyelenggara.

“Kegiatan semacam ini tentu sangat berguna bagi peningkatan prestasi para atlet kita, baik di tingkat provinsi maupun untuk atlet TI Kota Mataram. Ini juga sebagai ajang pencarian atlet berbakat NTB,” ujarnya bangga.

Pria yang juga Ketua Organisasi Pemuda Pancasila Kota Mataram itu pun mengajak kepada seluruh atlet TI NTB agar bagaimana para atlet NTB akan mampu menyumbangkan medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2022 mendatang.

“Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan prestasi para atlet kita sehingga kedepannya TI NTB dapat mengharumkan nama daerah di kancah nasional bahkan internasional,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi TI NTB, Lalu Wiradarma menyampaikan apresiasi kepada TI Kota Mataram atas terselenggaranya Kejuaraan HARUM Cup I 2022. Ini membuktikan bahwa motivasi untuk memajukan olahraga beladiri Tae Kwon Do di NTB, Khususnya di Kota Mataram.

Wiradarma mengatakan, meskipun olahraga Beladiri Tae Kwon Do berasal dari Korea, namun di Indonesia sendiri tergolong cabang olahraga (Cabor) prioritas. Sebab Tae Kwon Do merupakan olahraga beladiri yang dipertandingkan dari tingkat bawah (kecamatan) sampai ke tingkat atas seperti Olympiade.

“Itu alasan kenapa Tae Kwon Do menjadi olahraga beladiri prioritas,” jelas ketua TI NTB.

“Terimakasih kepada pemerintah daerah, swasta, TNI dan Polri atas dukungannya pada kegiatan ini sehingga dapat terselenggara dengan baik,” ucapnya.

Sebagai Organisasi yang menaungi seluruh Cabor di Kota Mataram, Ketua KONI Kota Mataram, H Firadz Pariska juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TI Kota Mataram atas terselenggaranya kegiatan kejuaran ini. Terlebih pada pertandingan ini dapat mengundang para atlet dari luar NTB.

“Selamat datang kepada para tamu kami, baik dari luar Kota Mataram maupun dari luar NTB. Selamat bertanding. Junjung tinggi Sportivitas,” pintanya.

Kegiatan ini lanjut dia, tentu sangat bermanfaat. Bukan hanya sebagai hiburan tetapi lebih sebagai proses mencari bakat para atlet.

“Kedepan kami berharap mereka ini mampu mewakili daerah dalam semua kejuaraan nasional ataupun PON,” tutupnya.

Sementara Wali Kota yang diwakili Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang menyampaikan hal senada. Ia sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan TI Kota Mataram. Dengan demikian mampu menumbuhkan rasa cinta terhadap generasi muda daerah ini untuk dapat meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga.

“Merupakan kontribusi TI Kota Mataram kepada Pemkot Mataram khususnya dalam membina masyarakat terutama para generasi muda untuk lebih mencintai olahraga prestasi,” jelasnya

Diharapkan dengan kegiatan ini mampu mendorong Kota Mataram agar tercapai Harmonis, Aman, Ramah, Unggul dan Mandiri (HARUM).

Pemkot Mataram sendiri kata Martawang, akan terus mendorong pengurus TI Kota Mataram untuk meningkatkan kreativitas generasi muda. Sehingga mampu memberikan prestasi kepada pemerintah kota Mataram khususnya dan NTB pada umumnya.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Mendatangkan MotoGP Kembali ke Indonesia, Setelah Absen 25 Tahun

“Pak Wali menyampaikan terimakasih atas seluruh yang mendukung kegiatan ini, dan bagi para atlet mengucapkan selamat bertanding,” tutupnya. (adv/*)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here