Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur H Pathurrahman. FOTO SUPARDI/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Pemkab Lombok Timur dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dikes) akan kembali memberlakukan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Surat ini dapat dipergunakan untuk keperluan berobat masyarakat tidak mampu dan tidak memiliki BPJS Kesehatan di semua Puskesmas di Lombok Timur.

Baca Juga: Ternyata Indonesia Awalnya Bersaing dengan Meksiko dan Brazil, ITDC: Ezpeleta Pilih Mandalika

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur, H Pathurrahman menyampaikan pemberlakukan SKTM ini tak lain sebagai salah satu cara untuk memberikan kemudahan dan memberikan pelayanan yang cepat bagi masyarakat.

“Apalagi masyarakat tersebut memang tergolong orang tidak mampu,” terang H Pathurrahman, Jumat (20/1).

Saat ini kata dia, pihaknya masih melakukan evaluasi untuk memastikan pengguna SKTM. Penggunaan SKTM ini nantinya hanya akan diperuntukkan bagi masyarakat yang betul-betul miskin dan tidak mampu.

“Sambil menunggu SKTM, kita terlebih dahulu akan membuat surat untuk Puskesmas agar masyarakat kategori miskin tetap mendapatkan pelayanan,” terang dia.

Baca Juga: Cerita Warga Berau Melepas Rindu Setelah 9 Tahun Menunggu Kedatangan TGB

Karenanya ia meminta kepada Puskesmas dan desa melakukan cek terhadap masyarakat agar pengguna SKTM diberikan kepada masyarakat yang betul-betul tidak mampu. Selain itu ia juga menghimbau kepada pemerintah desa agar memberikan SKTM kepada masyarakat yang tidak mampu. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here