Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Lapangan Gatot Subroto Makorem 162/WB Jln. Lingkar Selatan, Kota Mataram, Kamis (01/05/2023). FOTO IST/GERBANG INDONESIA





GerbangIndonesia, Mataram – Korem 162/Wira Bhakti menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Lapangan Gatot Subroto Makorem 162/WB Jln. Lingkar Selatan, Kota Mataram, Kamis (01/05/2023).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Disebut Bakal Punya Kekuatan Besar Jika Didampingi Sosok Ini di Pilpres 2024

Upacara yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 162/WB, Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, S.sos., M.M., diikuti Kasiren 162/WB, Para Kasi Kasrem 162/WB, Para Dan/Ka Satdisjan Korem 162/WB, Danyonif 742/SWY, Letkol Inf Hendra Sukmana, para Pasi Korem 162/WB, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS se-Garnizun Mataram.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Danrem 162/WB menjelaskan bahwa Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. Setelah melalui proses diskusi yang mendalam, para founding fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar 1945.

“Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, kata Danrem, sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Disebut Bakal Punya Kekuatan Besar Jika Didampingi Sosok Ini di Pilpres 2024

“Ini juga merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa,” ucap Danrem mengakhiri amanat Panglima TNI yang dibacanya. (*)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here