Gelaran seni musikan cupak gurantang saat diadakan di Bayan. FOTO IST/GERBANG INDONESIA

Gerbangindonesia, Lombok Utara – Sanggar Seni Bale Beleq Desa Anyar Bayan menggelar event pergelaran Drama Musikalitas Cupak Gurantang mengusung tema Muda Budaya di Lapangan Desa Anyar Kecamatan Bayan. Event yang disupport Kemenristekdikti itu diprakarsai para pemuda Sanggar Seni Bale Beleq yang peduli adat dan budaya, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Beruntungnya! Bocah SD Dapat Undian Rumah, Event Jalan Sehat HUT PTAM Giri Menang ke-43

Ketua Panitia Drama Musikalitas Cupak Gurantang, Raden Winata Darmajaya, mengungkapkan bahwa kehadiran event tersebut untuk pemberitahuan generasi muda yang harus proaktif memfilter budaya asing yang masuk di tengah masyarakat saat ini.

“Ini tugas kita sebagai generasi muda untuk memfilter itu, jangan pernah lupa sebagai generasi muda, siapa kita dan siapa jati diri kita,” tutur Ketua Sanggar Seni saat pembukaan acara.

Raden Winata menyampaikan memilih Bayan sebagai tempat pelaksanaan event karena Bayan merupakan tempat perkumpulan para pegiat budaya dan seni.

“Alhamdulillah malam ini kami bisa memberikan event pertama di Kecamatan Bayan. Kami ingin memberikan ruang kepada mereka untuk tampil dan hal ini dilakukan untuk menjaga tradisi yang kita miliki,” ujar mantan Ketua IPMLU.

Menurutnya, Cupak Gurantang merupakan salah satu kesenian yang pernah jaya pada masanya. Dengan perangkat alat musik sederhana tetapi memberikan pesan amat bermakna, kerap mengisi acara keluarga maupun pemerintahan di Bayan. Ia mengatakan panitia pelaksana berharap Pemkab Lombok Utara selalu mensupport acara-acara yang digagas generasi muda Lombok Utara.

“Kami sebagai pemuda Bayan sekaligus penyelenggara agar event seperti ini didukung oleh Pemda KLU, bahkan nantinya bisa menjadi event tahunan Pemda,” harap tokoh pemuda Bayan itu.

Sementara itu, Bupati Lonbok Utara, H. Djohan Sjamsu yang turut menghadiri pagelaran Drama Musikalitas ini mangatakan, masyarakat KLU memang membutuhkan tontonan atau event seperti Cupak Gurantang tersebut. Djohan Sjamsu lantas berterima kasih kepada seluruh panitia yang sudah menyelenggarakan event yang memberikan hiburan kepada masyarakat Bayan itu.

Baca Juga: Polda NTB Gelar Tradisi Pedang Pora Lepas Irjen Pol Djoko Poerwanto

“Di usia 15 tahun Lombok Utara, kita terus membangun daerah, kita ingin daerah ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” pungkasnya.(iko)

Editor : Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here