Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto saat memberikan sertipikat kepada penerima fi Kelurahan Pagutan Barat, Kamis (25/01/2024). FOTO LALU HABIB FADLI/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Mataram – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto turun ke rumah-rumah warga di dalam Gang Patut, Kelurahan Pagutan Barat, Kota Mataram, Kamis (25/01/2024).

Baca Juga: Hadiri Kampanye Terbuka, Sukiman Azmy Ajak Masyarakat Menangkan PKN

Kehadiran Menteri Hadi untuk menyerahkan Sertipikat Hak Milik kepada masyarakat. Kehadiran Menteri ATR/Kepala BPN di Kota Mataram ini juga untuk memastikan proses penyertipikatan tanah berjalan lancar.

Dalam kesempatan kali ini, dari total 126.000 sertipikat, Menteri Hadi menyerahkan 50 sertipikat secara door to door kepada masyarakat di Kelurahan Pagutan Barat. Sertipikat yang diserahkan ini merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

“Artinya tidak lama lagi Kota Mataram ini bisa dideklarasukan menjadi Kota Lengkap,” ucap Menteri Hadi di depan masyarakat penerima sertipikat.

Sertipikat tanah ini kata mantan Panglima TNI itu, menjadi bentuk kepastian hukum hak atas tanah terhadap tempat tinggal milik masyarakat. Sertipikat ini juga menjadi instrumen yang bisa meminimalisir risiko terjadinya konflik pertanahan.

“Kalau sudah ada sertipikat, kan bisa digunakan sebagai agunan untuk usaha. Selain itu tidak ada lagi cek-cok dalam keluarga, apalagi lahan itu tanah waris,” lanjut Menteri ATR/Kepala BPN.

Penyerahan sertipikat oleh Menteri ATR/Kepala BPN ini pun disambut gembira oleh masyarakat. Seperti yang diungkapkan I Gusti Made Kaler. Mewakili pengurus Pura Penataran Karang Mengwi Cilinaya Kota Mataram, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Menteri ATR/Kepala BPN.

“Puji syukur bahwa SHM Nomor 671/Cilinaya seluas 1.944 m2 sudah diterbitkan. Selama ini, lahan pura ini belum bisa dikuatkan sertipikat. Baru kali ini sejak ada Program PTSL ini baru bisa dibuat. Terimakasih Pak Menteri, terimakasih Pak Jokowi,” katanya.

Sebagai informasi, program PTSL sudah berhasil mempercepat pendaftaran dan sertipikasi bidang tanah di Indonesia. Sampai dengan akhir 2023, tercatat jumlah bidang tanah terdaftar di Indonesia mencapai sekitar 107,5 juta dari total 126 juta bidang tanah.

Baca Juga: Beruntungnya! Bocah SD Dapat Undian Rumah, Event Jalan Sehat HUT PTAM Giri Menang ke-43

Hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN yaitu sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ATR/BPN, para Kepala Kantor Pertanahan di Provinsi NTB beserta jajaran, Pj Gubernur NTB, Walikota Mataram, dan sejumlah pejabat lintas sektor di NTB. (abi)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here