GerbangIndonesia, Lotim – Dinas Koperasi Kabupaten Lombok Timur mulai menerima persyaratan bantuan stimulus kepada UKM yang terdampak Pandemi Covid-19. Stimulus ini bersumber dari pemerintah pusat.

Kepala Bidang Pembinaan UMKM, Yunus mengatakan, hingga gelombang kedua pihaknya telah mengirim 11.017 UKM yang ada Lotim, dan sebaginnya juga sudah terealisasi. Hanya saja pihaknya belum mengetahui brapa jumlah yang sudah terealisasi.

“Perolehannya Rp 2,4 juta perorang, dan langsung masuk ke rekening masing-masing. Adapun persaratan secara teknis pencairannya, itu ranahnya SOP Bank BRI. Kita hanya berhak mengusulkan saja,” terang Yunus, Selasa (20/10).

Dikatakan, kuota untuk yang mendapatkan di masing-masing kabupaten tidak ada. Hanya saja kuota nasional sebanyak 12 juta UKM, sehingga Pemkab hanya bisa mengusulkan para UKM yang ada, dan yang menentukan dari pusat.

Adapun, bantuan tersebut dipastikan untuk bantuan modal usaha atau produktif bukan konsumtif. Sehingga para UKM yang mendapatkan stimulus tersebut betul-betul dimanfaatkan sebagai modal usaha di tengah pandemi ini.

“Jadi syarat pengajuannya menggunakan SKU dari desa, untuk memastikan bahwa yang bersangkutan betul-betul pengajuannya,” katanya.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi adanya permainan dari masyarakat, diharapkan para UKM yang mengajukan untuk tidak berwakil dalam mengajukan. Mengingat dinas terkait belum bisa melakukan kunjungan pendataan secara door to door ke setiap UKM yang ada di Lotim.

“Saking luas dan banyaknya UKM kita, sementara personal kita terbatas di sini. Kita secara langsung memang sebagian kecil kita ketahui, artinya tidak semua UKM kita bisa kita kunjungi,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here