GerbangIndonesia, Jakarta – Korps Lalu Lintas Polri akan menggelar Operasi Kemanusiaan selama Operasi Lilin 2020 terkait libur Natal dan Tahun Baru. Selain pengamanan lalu lintas, kepolisian juga akan menggelar rapid test antigen secara acak bagi pelaku perjalanan.

Kakorlantas, Irjen Istiono mengatakan sejumlah posko akan ditaruh di beberapa titik untuk pemeriksaan rapid antigen secara acak.

“Kami membuat posko posko kemanusiaan di beberapa titik, terutama di rest area untuk membuat random check antigen,” kata Istiono di Gedung NTMC Polri, Jalan MT. Haryono, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2020).

Istiono melanjutkan, pihak BNPB telah menyiapkan bantuan 20 ribu paket rapid test antigen.

Nantyinya ada pemeriksaan acak terhadap kendaraan yang melebihi kapasitas atau melanggar protokol kesehatan Covid-19.

“Dia tidak pakai masker misalnya, kami ketahui belok (ke rest area), kita kenakan random check, gitu saja. Tidak ada pembatasan untuk mengecek seperti (check point) itu,” papar dia.

Istiono mengatakan, operasi kali ini akan menerapkan sistem Operasi Kemanusiaan dengan memgedepankan tindakan preventif, persuasif dan humanis. Sebanyak 123.451 personel akan dikerahkan dalam operasi kali ini.

“Penggelaran kekuatan kita 123.451 personel di seluruh Indonesia, itu termasuk Polri gabungan,” ungkap Istiono.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan jika pihaknya akan melakukan hal serupa. Nantinya lokasi akan difokuskan di pelabuhan Merak-Bakauheni, terminal, jembatan timbang dan lainnya.

“Artinya bahwa masyarakat yang memang akan melakukan perjalanan suatu saat akan berhadapan dengan para petugas, baik kepolisian maupun dari perhubungan, di simpul-simpul yang saya katakan tadi,” beber Budi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here