GerbangIndonesia, Lotim – Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Lombok Timur mengharapkan para Dermawan menyalurkan zakanya infaq sedekahnya melalui Baznas.

“Biasanya pengusaha muslim kita akan tutup buku untuk hitung-hitungan sekali setahun dan biasanya pada bulan ramadan, nah itu kita himbau baik pengusaha menengah maupun besar mulai Ramadan tahun ini agar menyalurkab zakat infaq sedekahnya melalui Baznas Lotim,” beber Direktur Pelaksana Baznas Lotim, Abdul Hayi Zakaria saat ditemui di ruangannya, Selasa (30/3).

Baznas adalah Amil Zakat resmi yang diangkat oleh pemerintah yg befungsi menghimpun mengelola mendistribusikan dan menadayagunakan zakat dan menurut ketentuan syari’ahnya menyalurkan ZIS lebih afdol melalui amil resmi daripada menyalurkan langsung.

Kata dia, Zakat infaq maupun sedakah yang di salurkan melalui Baznas insya Allah lebih terjamin akan lebih berdayaguna dan tepat sasaran.

Baznas juga menyediakan layanan jemput zakat jika para dermawan tidak sempat menyampaikan langsung ke kantor.

Menurutnya, pemenyalurkan zakat melalui Baznas juga memiliki nilai lebih yakni pengusaha yang menyerahkan Zakatnya melalui Baznas akan diberikan sertipikat Zakat, sebagai tanda bahwa pengusaha tersebut sudah mengeluarkan Zakat

“Secara aturan, sertifikat itu boleh digunakan untuk mengklaim pengurangan harta wajib pajak ke kantor perpajakan, itu lebihnya kalau menyalurkan zakatnya melelui baznas,” kata dia.

Lebih lanjut Ustad Hayi sapaan akrabnya menjelaskan, Baznas tidak hanya mengelola Zakat saja namun Baznas juga mengelola infaq dan sedakah.

“Mungkin ada para pengusaha atau para dermawan  yang mau memberikan infaq maupun sedakah walaupun nominalnya kecil seribu dua ribu kita terima, seberapapun ikhlasnya ada tim yang mengambilnya,” ucapnya.

“Kita sudah ada petugas per kecamatan itu yang akan menjemputnya bagi yang ingin dijemput infaq dan sedakahnya,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here