GerbangIndonesia, Lotim – Jajaran Lapas Selong bersama anggota Kodim 1615 Lotim dan Sat Sabhara Polres Lotim melakukan penggeledahan terhadap kamar dan blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP). Hal tersebut dilakukan dalam rangka deteksi dini dan mencegah barang-barang terlarang, yang akan menjadi potensi gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan lapas.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Selong, Purniawan menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan serentak tersebut juga merupakan bagian dari sejumlah rangkaian kegiatan pada peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 tahun 2021.

“Kegiatan seperti ini kami lakukan juga karena adanya informasi-informasi yang kami terima,” ucapnya.

Kata dia, dalam kegiatan tersebut petugas gabungan berhasil menemukan barang-barang terlarang antara lain, barang pecah belah, pisau carter, korek api gas, paku hingga handphone.

Sementara itu, untuk barang terlarang seperti Narkoba dan bahan kimia dan sejenisnya tidak ditemukan. Kata dia, pelibatan aparat gabungan TNI-Polri dalam kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk kekompakan dalam rangka menjaga kondusifitas.

“Kami akan dalami siapa pelaku dari barang-barang yg kami temukan. Dan ketika dipandang bersalah kami akan berikan sanksi. Semoga kegiatan ini bisa menjaga kondusifitas di area Lapas,” katanya.

Adapun razia tersebut akan terus digelar guna menciptakan kondusifitas. Mengingat jumlah warga binaan hingga saat ingin masih over kapasitas yakni lebih dari 300 orang. Ia menyakini dengan penjagaan yang ketat kondusifitas lapas akan terjaga. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here