TGB didampingi TGH Fauzan Zakaria Lc MSi saat menghadiri silaturahim Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar di Mataram, Minggu (30/5). FOTO LALU HABIB FADLI

GerbangIndonesia, Mataram – Alumni perguruan tinggi Al-Azhar Mesir asal Nusa Tenggara Barat menggelar silaturahmi akbar di Mataram, Selasa (30/5/2021). Acara dihadiri langsung oleh Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia, TGH Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB).

Sekitar 100 tuan guru alumni Al-Azhar mengikuti acara yang digelar di Hotel Grand Legi Mataram itu.

Dalam acara tersebut TGB mengatakan,
para alumni Al-Azhar di Indonesia sama-sama membawa misi ajaran Al-Azhar, yakni wasatiyyah Islam atau Islam yang moderat. Sehingga acara ini diharapkan dapat memperkuat khazanah keislaman Indonesia yang tumbuh bersama kearifan lokal.

“Ada alumni yang membangun sekolah, ada yang di politik, ada yang me jadi pengusaha, menjadi Kepala daerah, luas sekali lahan pengabdiannya kita disatukan oleh ajaran Al-Azhar yang manhajul wasatiyah. Maka menjaga nilai-nilai moedrasi islam adalah suatu keharusan bagi setiap alumni Al-Azhar,” katanya di depan tamu undangan.

Di samping itu, para alumni Al-Azhar khususnya di Nusa Tenggara Barat diharapkan dapat mengamalkan ilmunya dimanapun berada. Bukannya hanya di bidang pendidikan dan agama, namun di semua lini.

“Begitu juga anak-anak NTB yang potensial, kirim ke Al-Azhar untuk melanjutkan pendidikannya. Saya yakin sangat banyak anak di NTB yang berharap bisa melanjutkan pendidikannya di Al-Azhar,” pesan mantan Gubernur NTB dua periode itu.

Sementara itu, Ketua OIAA NTB, TGH Fauzan Zakaria Lc MSi berharap agar forum tersebut menjadi momen untuk bertukar pikiran mengenai wasatiyyatul Islam, dan ajang untuk menjalin soliditas antar sesama alumni lintas angkatan agar semakin optimal dalam berkolaborasi dan berainergi pada berbagai bidang.

“Ini juga dalam rangka Indonesia mengembangkan Islam wasatiyah. Yakni Islam yang moderat dan pro aktif menata peradaban dunia di tengah tantangan global, tokoh agama alumni Al-Azhar di NTB ini sangat banyak yang hadir saja pada acara ini sekitar 100-an orang, jika semua bersinergi dan berkolaborasi maka ini akan menjadi kekuatan yang sangat potensial untuk membangkitkan masyarakat NTB,” ujarnya.

Kemudian terkait beasiswa luar negeri yang merupakan salah satu Program Pemprov NTB dikatakannya juga termasuk program yang sangat bagus.

“Kami di OIAA berharap beasiswa tidak hanya Ke Negara Negara-negara Barat tapi harus proporsional. Harus ada juga beasiswa ke Al-Azhar Mesir, dan untuk hal tersebut oiaay NTB siap bersinergi bersama Pemprov NTB,” tutupnya. (abi)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here