Sejumlah calon kepala desa saat mengikuti tes tambahan di Kantor Bupati Lotim, Kamis (10/6). FOTO SUPARDI/GERBANGINDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Sebanyak 71 orang bakal calon (Balon) kepala desa dari 11 desa di Lombok Timur yang mengikuti seleksi tambahan tes akademik. Tes tambahan ini digelar di Kantor Bupati Lotim, Kamis (10/6).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lotim, Muhammad Hairi mengatakan, tahun ini sebanyak 29 desa menggelar Pilkadse serentak. Akan tetapi 11 desa yang memiliki Balon lebih dari lima orang, sehingga 11 desa tersebut diwajibkan mengikuti seleksi tambahan tes akademik balon kepala desa.

“Diaturan Pilkades, minimal jumlah balon itu 2 orang dan maksimalnya lima orang. Jadi ada 11 desa yang lebih balonnya dari 5 orang. Ada yang 9, ada yang 7 sehingga totalnya 71 balon,” terang Hairi saat ditemui di sela acaranya.

Adapun seleksi tambahan tersebut berbentuk tes tulis atau tes pilihan ganda dengan matari Undang-Undang tentang Pemerintahan Desa, serta tupoksi kepala desa.

Kata dia, nilai dari lima jenis seleksi yang diikuti para balon yakni tes tulis, usia, pengalaman kerja, ijazah dan dukungan sebanyak 5 minimal persen. Nantinya akan digabung menjadi satu untuk menentukan ranking masing-masing balon untuk ditetapkan menjadi calon kepala desa.

“Pengumumannya sekarang langsung selesai seleksi ini. Kita tidak berani mengumumkan hasilnya besok, takutnya ada anggapan kalau kita masuk angin,” katanya.

Lebih lanjut Hairi mengatakan, nilai masing-masing tes ialah tes tulis sebanyak 40 persen. Sedangkan usia, pengalaman kerja dan ijazah, dan dukungan nilainya sebanyak 60 persen.

“Pemilihannya akan dilakukan tanggal 28 Juli mendatang. Sehingga kami harap para balon yang tidak lolos bisa menerima dengan lapang dada. Jangan sampai terjadi gesekan di bawah,” tutupnya. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here