ILUSTRASI DIOLAH GERBANG INDONESIA




GerbangIndonesia, Mataram – Setelah pernyataan Ustad Mizan Qudsiah Lc, MA viral di media sosial, sejumlah tokoh agama akhirnya bersuara. Salah satunya, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lombok, TGH Subki Sasaki Lc, MA.

Baca Juga: Jika 2024 NasDem Ungguli PKS, Zul-Rohmi Diprediksi Oleng

Menurut dia, pernyataan Ustad Mizan Qudsiah dalam pengajian umum yang tengah viral itu sarat dengan intoleransi dengan mayoritas paham dan mazhab masyarakat Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Barat.

“Seorang Jero Wayan, atau non Muslim saja tidak pernah hina kita. Masa ada orang yang paham kitab justru menghina ulama,” ketusnya.

Wakil Rois Syuriah PCNU Lombok Barat itu juga mengaku snagay risih dengan pernyataan Ustad yang pernah belajar di salah satu perguruan tinggi di Saudi Arabia itu. Baginya, pernyataan Ustad Mizan Qudsiah itu sudah membuat banyak umat Muslim di Lombok khususnya terluka.

“Harusnya kita sebagai guru, orang yang paham kitab harus menjadi contoh. Harus bisa beradaptasi. Kalau kita di tempat orang yang tidak qunut, ya jangan qunut. Begitu juga sebaliknya. Hargai perbedaan,” ketusnya.

Ketegasan Dai kondang asal Kuripan itu pun tidak sebatas ucapan. Rencananya, Senin (2/1/2022), dirinya akan mendatangi Polda NTB guna melaporkan kasus ini. Sehingga diharapkan, tidak ada lagi pernyataan-pernyataan serupa di kemudian hari yang membuat umat terpecah.

“Biar polisi yang tangani. Sudah banyak juga yang siap melaporkan. Adikt te endeq kajuman. Segera kalah sik ustad saq hanya kuliah empat tahun,” ketusnya menggunakan Bahasa Sasak.

Sementara itu, Ustad Mizan Qudsiah dalam siaran langsung di Facebook mengaku bahwa video yang tengah viral itu memang dirinya. Namun pengajian itu terjadi pada 13 November 2020.

“Itu adalah pemotongan video yang menimbulkan fitnah. Membuat kerancuan dan keributan di tengah masyarakat,” jawabnya.

Sedangkan terkait penyebutan nama makam wali dan ulama, dia mengaku hanya menukil pernyataan ulama.

Baca Juga: Lima Zodiak Ini Diprediksi Bakal Kaya Raya di Masa Depan, Kamu Termasuk?

“Jadi tidak ada niat menghina. Ini kita menyebut perbuatan dahulu, kemudian kita menukil ucapan. Membawakan ucapan orang alim,” sanggahnya. (abi)

Video lengkap pengajian Ustad Mizan Qudsiah versi lengkap, klik di sini.

Video klarifikasi Ustad Mizan Qudsiah, klik di sini.



Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here