Sejumlah pembalap MXGP saat menaiki alat transportasi dokar. FOTONIST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Sumbawa – Masyarakat Sumbawa tumpah ruah di jalanan, menyaksikan konvoi dan parade para pembalap dan tim MXGP Samota 2022, menggunakan dokar.

Baca Juga: Demi Indonesia Emas 2045, Kapolri Minta Serikat Mahasiswa Muslimin Ingat Soal Ini..

Antusias masyarakat terlihat karena para raider dunia ini, begitu senang diarak dengan kendaraan tradisional masyarakat Sumbawa dan NTB pada umumnya.

Para pembalap dunia tersebut melambaikan tangan dan menyapa masyarakat dan penggemarnya yang sudah lama menunggu konvoi, pada rangkaian acara, Opening Ceremony MXGP Samota 2022, yang dibuka oleh Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Menpora RI Zainudin Amali dan Bupati Sumbawa H. Mahmud Abdullah, Jumat (24/6/2022) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Warga Pantodaeng Kelurahan Brang Bara Kecamatan Sumbawa, H. Djoko Pitoyo mengaku penyelenggaraan MXGP Samota yang diawali dengan konvoi para pembalap sangat meriah dan dapat sambutan hangat warga masyarakat sumbawa.

“Kami sangat antusias ingin melihat para croser international dan nasional, apalagi menariknya mereka menaiki dokar atau cidomo/benhur,” kata pensiunan Kememag Sumbawa ini.

Betapa senang dan bahagianya para crosser karena disuguhi sesuatu yang unik dan bernuansa budaya oleh masyarakat Sumbawa dan NTB.

Menurutnya, dampak dari kegiatan MXGP ini, semua masyarakat dapat menikmati hasilnya. Terutama dibidang ekonomi. Diakuinya selama 2 tahun terakhir masyarakat sangat terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19.

Namun dengan adanya event Internasional ini masyarakat merasa terangkat derajatnya.

“Kami berharap kedepan setelah kegiatan ini usai agar tidak berhenti sampai disini saja, namun semoga lebih banyak event event seperti ini dilaksanakan setiap tahun,” harapnya.

Sementara itu, Kiki warga Desa Lopok Sumbawa, mengatakan tidak menyangka ada kegiatan semeriah ini.

“Apalagi ini event Internasional,” ucap alumni UTS Sumbawa ini.

Pembukaan MXGP Samota ini, sungguh luar biasa. Para pembalap pawai dan menyapa masyarakat.

“Ini keren, gak nyangka juga pakai andong pawainya, jadinya terlihat tradisional banget,” timpal wanita jurusan informatika UTS lulusan tahun 2019 ini.

Bersama sahabat dan masyarakat Sumbawa, Kiki berharap kegiatan dan event seperti ini harus ada 5-6 kali dalam setahun.

Karena tambahnya, selain meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat disemua sektor, promosi wisata pulau Sumbawa juga.

“Semoga ada MXGP atau event serupa lagi di Sumbawa, agar Sumbawa dan NTB semakin Gemilang,” harapnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Disebut Bakal Punya Kekuatan Besar Jika Didampingi Sosok Ini di Pilpres 2024

Hadir juga pada acara, Opening Ceremony MXGP Samota 2022 , Staf Kepresidenan, sejumlah perwakilan menteri dan lembaga pusat, Komandan Lapangan MXGP, Kadis Kominfotik NTB, Kadis Pariwisata NTB, Kasat POL PP, Jajaran Danren 162, Polda NTB, GM Geopark Tambora, dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov. NTB, Wakil Bupati Sumbawa, Sekda dan kepala OPD lingkup Pemda Sumbawa, BUMN, BUMD, TNI/Polri dan sejumlah instansi dan lembaga vertikal di NTB, serta pembalap, cruw dan promotor MXGP. (edy/opic)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here