Wabup Asahan saat memimpin upacara di SMPN 1 Kisaran. FOTO IMMANUEL SITUMORANG/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Asahan – Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi pelajar, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin memimpin upacara di SMPN 1 Kisaran, Rabu pagi (13/7/2022).

Baca Juga: Pemilihan DPD RI Dapil NTB 2024, Pendatang Baru Berpotensi Tumbangkan Petahana

Sebelum menyampaikan sambutannya, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin menyematkan kartu tanda dimulainya MPLS di lingkungan SMPN 1 Kisaran.

Ia menjelaskan, tujuan MPLS ini untuk mengenali potensi diri masing-masing bagi pelajar baru. Selain itu membantu pelajar beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar yang efektif, mengembangkan interaksi positif antar pelajar serta menumbuhkan perilaku positif antar pelajar dan lingkungannya. Hal tersebut seperti yang tertuang dalam Permen Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 18 tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah dan surat edaran Dirjendiknasmen nomor 6197/D.D4/PD/2020 tanggal 13 Juni 2019 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).

Kemudian, ia juga berpesan kepada para tenaga pendidik agar mampu mengarahkan para pelajar yang bukan hanya pada lingkungan sekolah, namun juga pada pengetahuan dan wawasan keilmuan yang bermutu, pada kebenaran, kejujuran serta kehidupan yang agamis yang bermartabat, sehingga kelak akan menjadi generasi yang berprestasi dan bermutu.

Pasca melaksanakan upacara tersebut, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin yang merupakan alumni SMPN 1 Kisaran melakukan pertemuan dengan para tenaga pengajar di lingkungan SMPN 1 Kisaran sekaligus berdialog dan bernostalgia semasa menimba ilmu di SMPN 1 Kisaran.

Terakhir, ia meminta kepada seluruh tenaga pengajar di SMPN 1 Kisaran untuk memiliki semangat dalam memajukan kwalitas pendidikan di Kabupaten Asahan.

“Harapan kita kedepan, bagaimana mewujudkan Kabupaten Asahan menjadi tolak ukur keberhasilan pendidikan di Sumatera Utara, bahkan di tingkat nasional. Untuk mewujudkan harapan tersebut, tentunya perlu dukungan dari seluruh tenaga pendidik dan para pemangku kepentingan,” pungkasnya.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Mendatangkan MotoGP Kembali ke Indonesia, Setelah Absen 25 Tahun

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin menyerahkan bantuan sebanyak 4 unit AC kepada SMPN 1 Kisaran. (*)

Kontributor Sumut: Immanuel Situmorang
Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here