Menteri Sosial Tri Rismaharani saat memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang dipusatkan di Kabupaten Lombok Timur. FOTO SUPARDI/GERBANG INDONESIA

Gerbangindonesia, Lotim – Puncak perayan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 ini dipusatkan di Kabupaten Lombok Timur, yang terpusat di halaman Kantor Bupati Lotim. Agenda nasional ini dihadiri langsung Menteri Sosial RI, Tri Rismaharani. Hadir pula Wakil Gubernur NTB, Bupati Lombok Timur dan sejumlah pejabat lainnya dan seluruh anak Indonesia melalui sambungan Virtual.

Baca Juga: Pemilihan DPD RI Dapil NTB 2024, Pendatang Baru Berpotensi Tumbangkan Petahana

Menteri Sosial Tri Rismaharani meminta kepada semua anak yang ada di Indonesia ini harus tetap kuat dan rajin belajar. Sebab kata Mensos, semua anak memiliki kesempatan yang sama di negara ini. Baik kesempatan untuk belajar, bermain termasuk kesempatan untuk menjadi orang sukses, menurutnya tidak ada yang dibeda-bedakan laki maupun perempun maupun yang menyandang disabilitas.

“Darimana pun kalian, siap pun orang tua kalian, kalian berhak untuk berhasil dan sukses, karena tuhan kita adil. Tuhan tidak pernah membeda-bedakan siapa kita dan orang tua kita. Untuk itu kalian semua harus sukses. yang perempuan kalin juga bisa menjadi pemimpin, menjadi menteri karena hak kalian memiliki kesempatan yang sama,” ujar Risma dalam perayaan HAN 2022, di halaman Kantor Bupati Lotim, Senin (1/8).

Ia menegaskan bahwa semua anak di Indonesia memiliki hak yang sama untuk sukses. Sehingga dirinya meminta mulai hari ini anak di seluruh Indonesia tidak boleh menyerah. Sebab menurutnya kesuksesan bukanlah hal yang tidak mungkin untuk tercapai, namun tergantung kepada anak-anak mau atau tidak mengambil kesuksesaan itu sendiri.

Lebih khusus Risma menyampaikan kepada anak-anak yang ada di pelosok-pelosok negeri dengan segala keterbatasan infrastruktur menuju sekolah agar tidak minder dan tidak menyerah karena sukses tidak pernah memandang jarak dan tempat. Semua anak Indonesia diharpakan untuk maju terus meski sesulit apapun keadaan yang akan dihadapi nantinya.

“Tidak mudah memang untuk berhasil tapi bukan tidak bisa. Kalian juga anak-anakku yang ada di Jambi, di Papua dan di tempat-tempat lainnya, yang penuh semangat untuk bisa sekolah jangn pernah menyerah,” pintanya.

Pada kesempatan itu pula melalui sambungan zoom Menteri Sosial Tri Rismaharini juga turut menyapa anak-anak satu persatu dari layar digital. Ia memberikan kesempatan anak-anak untuk menyampaikan apa yang menjadi keinginan dan pikiran mereka, khususnya yang ada di pelosok-pelosok negeri.

Sebagian besar permintaan anak-anak ialah meminta agar infrastruktur seperti jalan, lampu, penyedian perahu, pembangunan gedung sekolah, sambungan internet, bahkan pembelian sepeda agar diperhatikan oleh pemerintah. Mengingat masih banyak anak-anak di Indonesia yang masih belajar di tenda-tenda dan minim penerangan dan sambungat internet.

Risma pun berjanji semua permintaan itu akan disampaikan kepada Presiden dan akan segera dipenuhi. Sehingga proses belajar mengajar di indonesia berjalan dengan lanjar. Selain itu, ia juga berpesan agar anak di seluruh indonesia untuk tidak mengenal narkoba, kenakalan remaja dan menikah dini.

“Kalian harus rajin belajar. Anak-anakku yang di sini (Lotim, Red) kalian harus tetap sekolah jangan ada yang nikah dini. Kalian harus sukses, karena kalian adalah calon pemimpin masa depan bangsa ini,” pintanya.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Mendatangkan MotoGP Kembali ke Indonesia, Setelah Absen 25 Tahun

Pada kesempatan itu Kemnsos juga memberikan sejumlah bantuan kepada seluruh anak Indonesia berupa kursi roda bagi anak-anak difabel, kacamata, alat pendengaran, bantuan wirausaha dan sejumlah bantuan lainnya. Tidah hanya memberikan bantuan, namun pada peringatan HAN tahun ini Kemensos bekerjasama dengan Pemda Lotim melakukan khitanan massal dan operasi katarak gratis. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here