GerbangIndonesia, Asahan – Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Yusnila Indriati menghadiri sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan di balai Desa Banjar, Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga: Pemilihan DPD RI Dapil NTB 2024, Pendatang Baru Berpotensi Tumbangkan Petahana

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan Hazairin menyampaikan, sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan ini memiliki peran sentral dalam upaya memasyarakatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan kecerdasan, pertumbuhan, dan menjaga kesehatan.

“Upaya sosialisasi penyajian dan pengolahan ikan harus senantiasa dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat akan arti pentingnya mengkonsumsi ikan secara teratur,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Yusnila Indriati menyampaikan, masalah gizi dan kesehatan dapat ditanggulangi lebih efektif jika dilaksanakan oleh masyarakat bersama pemerintah.

“Salah satu upaya penanggulangan masalah gizi, yaitu dengan Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) pada balita dan ibu hamil yang bermasalah gizi kurang, buruk, kurus, Kurang Energi Protein (KEP) dan Kurang Energi Kronis (KEK). Makanan tambahan yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan ibu dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan gizi balita dan ibu hamil,” jelasnya.

Ia yang juga sebagai Wakil Ketua Tim Penanganan dan Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Asahan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menkonsumsi ikan bagi kesehatan dan juga sebagai salah satu upaya dalam mencegah stunting.

“Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka panjang, yang berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak,” ungkapnya.

Menurutnya, ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik.

“Oleh karena itu, saya menghimbau kepada semua pihak supaya menjadikan ikan sebagai menu utama dalam keluarga,” harapnya.

Terakhir, ia juga berharap, agar dampak dari pelaksanaan sosialisasi ini dapat meningkatkan kemauan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Mendatangkan MotoGP Kembali ke Indonesia, Setelah Absen 25 Tahun

Kegiatan tersebut dirangkai dengan penyerahan hadiah lomba mewarnai bagi anak-anak dan meninjau pelaksanaan bulan penimbangan balita dan bulan pemberian vitamin A bagi balita. (*)

Kontributor Sumut: Immanuel Situmorang
Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here