Tim seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota Provinsi NTB I saat melakukan sosialisasi. FOTO ANGGER RICO/GERBANG INDONESIA

Gerbangindonesia, Lombok Utara – Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota Provinsi NTB I mulai melakukan sosialisasi terkait tahapan pun sejumlah persyaratan. Sosialisasi dilakukan di Kantor KPU Lombok Utara, Kamis (26/10). Dalam sosialisasi itu dihadiri oleh sejumlah Komisioner KPU Lombok Utara hingga perserta yang terdiri dari Ketua sejumlah organisasi dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Baca Juga: Beruntungnya! Bocah SD Dapat Undian Rumah, Event Jalan Sehat HUT PTAM Giri Menang ke-43

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Lombok Utara dr. Zaki Abdillah mengungkapkan, dalam sosialisasi ini diinformasikan kepada masyarakat secara umum terkait syarat dan tahapan. Tujuannya agar putra putri daerah yang terkategori layak, bisa secara antusias ikut partisipasi dalam pendaftaran anggota KPU periode 2024-2029.

“Pada intinya ini hanya menyampaikan informasi saja, karena tahapan sudah dibuka dari pendaftaran hingga akhirnya nanti di Desember selesai rekrutmen,” ujarnya.

Dalam seleksi kali ini, pihaknya mengundang sejumlah peserta di antaranya 25 orang PPK se-Lombok Utara, Ketua PMII, Ketua HMI, Ketua Muhammadiyah, Ketua NU, Ketua NW, NWDI, Ketua JaDI, Ketua IPNU, Ketua IPPNU, Ketua FKMLU, dan Media di Lombok Utara. Melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap bagi calon peserta yang akan mendaftarkan diri untuk setidaknya bisa mengetahui sejumlah persyaratan dimaksud.

“Kami harap sosialisasi ini bisa tersampaikan di masyarakat sehingga nantinya banyak yang akan mendaftar,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Provinsi NTB I Baiq Santi Rengganis menjelaskan, dalam seleksi anggota KPU ini terbagi 2 tim yaitu NTB I dan II. Khusus NTB I akan menangani wilayah Lombok Utara, Sumbawa, Dompu, Bima, dan Lombok Tengah. Sementara untuk tim seleksi NTB II meliputi wilayah seperti Lombok Timur, Lombok Barat, Kota Mataram, Kota Bima, hingga Kabupaten Sumbawa Barat.

“Jadi kami bagi ada dua zona, yang NTB I termasuk kita melakukan sosialisasi di Lombok Utara. Apalagi pendaftaran sudah dibuka tanggal 24 Oktober sampai dengan 4 November 2023 mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan dalam sosialisasi tersebut ditekankan untuk pelamar supaya mengikuti dokumen yang sudah di update. Dan yang paling penting membaca detail persyaratan, khusus aspek seperti pengalaman berorganisasi, pelatihan tentang kepemiluan, serta penerbitan jurnal publikasi akan menjadi nilai tambah bagi tim seleksi anggota KPU.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Disebut Bakal Punya Kekuatan Besar Jika Didampingi Sosok Ini di Pilpres 2024

“Pengalaman organisasi sampai jurnal publikasi akan menjadi nilai tambah karena itu jadi aspek penting yang akan dinilai oleh tim seleksi,” pungkasnya.(iko)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here