Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTB mengunjungi Lapas Perempuan Kelas III Mataram, Lapas Kelas IIA Lombok Barat dan Rutan Kelas IIB Praya, Senin (12/02/2024). FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Mataram – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTB Herman Sawiran melakukan monitoring persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara.

Baca Juga: Hadiri Kampanye Terbuka, Sukiman Azmy Ajak Masyarakat Menangkan PKN

Herman dan tim dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTB mengunjungi Lapas Perempuan Kelas III Mataram, Lapas Kelas IIA Lombok Barat dan Rutan Kelas IIB Praya, Senin (12/02/2024). Herman diterima para kepala UPT dan kemudian meninjau tempat atau ruangan yang dijadikan tempat pemungutan suara (TPS) sesuai yang ditetapkan oleh KPU kota/kabupaten.
Herman menegaskan, kepala UPT untuk menyiapkan lokasi tempat pemungutan suara dan mematangkan persiapan.

“Termasuk jumlah DPT dan melaksanakan koordinasi dengan KPU setempat agar tidak ada yang terlewatkan. Pastikan hak memilih warga binaan pemasyarakatan (WBP) terakomodasi, karena Pemilu 2024 tinggal hitungan hari,” ujar Herman.

Herman menjelaskan, pada Rabu 13 Februari 2024 dilaksanakan simulasi pemilihan yang di UPT masing-masing.
Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan dalam apel pagi awal pekan menginstruksikan kepala lapas dan kepala rutan untuk bersinergi dengan aparat keamanan setempat terkait pengawasan pada Unit Pelaksana Teknis yang menjadi TPS Khusus

“Pastikan keamanan dan ketertiban di Lapas dan Rutan tetap kondusif dan terkendali pada saat pelaksanaan Pemilu,” ujar Parlindungan.

Terpisah Menkumham Yasonna H Laoly menuturkan, seluruh jajaran Kemenkumham terus berkomitmen menjaga netralitas dalam pemilu dan siap untuk menyukseskan pemilu tahun 2024 dengan jujur dan adil.

Baca Juga: Beruntungnya! Bocah SD Dapat Undian Rumah, Event Jalan Sehat HUT PTAM Giri Menang ke-43

“UPT Pemasyarakatan sudah saya instruksikan untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di Lapas dan Rutan jelang pemungutan suara,” ujar Yasonna. (*)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here