YULIANA. DOK PRIBADI

Artikel Ini Ditulis Oleh:

YULIANA, Mahasiswi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah
Universitas Islam Negeri Mataram

NIM: 190110097




Penulisan ini bertujuan untuk melihat kontribusi apa saja yang dilakukan orang tua selama mendampingi anak di masa pandemi Covid-19. Metode penulisan menggunakan pendekatan kulitatif, metode pengumpulan data melalui wawancara, dan observasi Hasil penulisan (1) menunjukkan fungsi orang tua adalah sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, pengembang dan pengawas. Secara khusus menjaga dan memastikan anak untuk menerapkan hidup bersih dan sehat, dan selalu mengikuti protokol kesehatan. (2) Pelaksanaan mendampingi anak dalam tugas sekolah secara berani, melakukan aktivitas bersama selama di rumah, menciptakan lingkungan yang nyaman agar anak betah tinggal di rumah saja, (3) Faktor pendukung pendidikan anak usia dini masa pandemi covid-19, adanya sarana dan prasarana pendukung.
Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai wilayah, terutama di dunia pendidikan. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Disinilah perlu kerjasama antara orang tua dan guru, karena disini orang tua sangat berperan penting untuk mendidik dan membimbing anak-anaknya untuk selalu mengerjakan tugas dan menjaga kesehatan mereka, dan tugas pendidik dituntut untuk mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran virus Corona (Covid-19).
Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat seperti handpone, computer, atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), google classroom (GC), google meet, aplikasi zoom ataupun media lainnya, sebagai media pembelajaran.Dengan demikian, pendidik dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Pendidik pun dapat memberi tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan kepada peserta didik.
Menariknya di tengah pandemi yang menyebabkan segala keterbatasan tersebut, khususnya dalam pendidikan anak usia dini peran orang tua sangat diperlukan. Orang tua merupakan kunci utama pembelajaran anak. Hal ini dimaksudkan agar minat belajar anak tidak menurun di tengah pandemi ini, meskipun tidak menerima pembelajaran yang normal seperti biasanya .Hal menarik lainnya, suasana pandemi ini telah mengembalikan kesadaran akan pentingnya pendidikan di dalam keluarga yang selama ini jarang dilakukan atau bahkan diabaikan oleh sebagian kalangan masyarakat.
Pendidikan didalam keluarga atau di era modern disebut dengan positif parenting atau pengasuhan berbasis kasih sayang, dalam konsep pengasuhan ini orang tua terlibat langsung dalam pemenuhan kebutuhan anak. Kebutuhan anak yang dimaksud antara lain, kebutuhan fisik (physical needs), orang tua harus memenuhi kebutuhan dasar dalam keluarga seperti, pakaian, makanan dan tempat tinggal. (*)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here