Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Lombok Timur, Marefudin. FOTO SUPARDI/GERBANGINDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Sejumlah bantuan benih tembakau dari pemerintah diharapkan mampu meningkatkan kualitas tembakau yang dihasilkan oleh para petani di Lombok Timur. Bantuan benih tembakau tersebut dianggarkan melalui APBD Kabupaten, Provinsi hingga APBN.

“Meski bantuan benih tembakau kepada para petani ini masih minim, tapi kami harap petani bisa meningkatkan kualitas,” ungkap Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Lotim, Marepudin, Jumat (28/5).

Kata dia, bantuan benih yang bersumber dari APBD II tersebut diperuntukkan hanya untuk 8 kelompok tani yang tersebar di dua kecamatan, dengan total luar areal tanam seluas 12,5 hektare.

“Lima kelompok tersebar di Kecamatan Pringgabaya dan tiga kelompok di Kecamatan Suela, dan benih yang diberikan itu benih tembakau rajang,” jelasnya.

Kata dia, meski bantuan benih tembakau dari Pemkab Lotim masih minim, namun kata dia, masih terdapat bantuan benih yang bersumber dari Pemerintah Provinsi dengan luas areal tanam 310 hektare.

Bantuan benih tersebut diberikan kepada 24 kelompok tani yang tersebar di kawasan selatan Lotim, dengan jenis benih tembakau virginia.

“Selain dari Provinsi, bantuan benih juga bersumber dari APBN yang diberikan kepada 4 kelompok tani, dengan luas areal tanam 40 hektare. Rata-rata perkelompok luas areal tanamnya 10 hektare,” katanya.

Lanjut Marepudin, selain bantuan benih tembakau virgina, para petani juga diberikan bantuan pupuk tambahan. Sehingga diharapkan dengan adanya bantuan tersebut kulaitas tembakau para petani bisa lebih bagus. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here