Ketua BPPD Lombok Timur, Muhammad Nursandi. FOTO IST/GERBANGINDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Badan Promosi Parawisata Daerah (BPPD) Lombok Timur bersama Himpunan Penyelam Indonesia (Himpla) Lotim, Kayangan Dive School dan Persatuan Penyelam Profesional Lombok Sumbawa (P3LS) bakal melakukan identifikasi potensi wisata bahari di Kabupaten Lombok Timur.

Proses identifikasi wisata tersebut dipusatkan di Gili Lebur dengan menurunkan 10 penyelam untuk mengidentifikasi ragam biota laut dan keindahan laut.

“Potensi wisata selam kita di Lotim tidak kalah bagus dari destinasi wisata di daerah lain,” kata Ketua BPPD Lotim, Muhammad Nursandi  penuh yakin, Selasa (13/7).

Dia menjelaskan, ragam biota laut dan terumbu karang yang indah yang tersebar di beberapa titik destinasi wisata pantai di Lotim. Seperti Pantai Obel-obel dan Ekas Buana, menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Modus Bakal Dinikahi, Pira 21 Tahun Ganyang Pacar Sendiri

Dari identifikasi potensi wisata tersebut ditemukan, lima titik lokasi selam yang bagus. Sehingga ke depan kelima titik tersebut bakal dijadikan spot diving andalan.

“Salah satu lokasi diving yang kami temukan bagus juga di Tukad Kayangan. Ini juga sebagai upaya kita bersama untuk melakukan pemetaan potensi wisata di Lotim,” jelasnya.

Lebih lanjut Sandi menjelaskan, selain melakukan identifikasi potensi wisata bahari, pihaknya juga melakukan identifikasi potensi wisata lainnya. Sebut saja Wisata Gunung, kuliner, hotel dan restoran.

“Data-data potensi wisata ini sangat penting kita kumpulkan untuk melakukan promosi wisata. Sehingga bisa menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Gumi Patuh Karya,” katanya meyakinkan.

Baca Juga:Kapal Tanker Pertamina Terbakar di Galangan PT MOS

Dalam waktu dekat ini lanjutnya, pihaknya bersama Dinas Parawisata (Dispar) Lotim juga akan berkoordinasi dengan pelaku wisata untuk menyiapkan paket wisata yang dikerjasamakan dengan biro perjalanan. Di satu sisi, BPPD sendiri siap bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memajukan pariwisata Lotim.

“Itu kita akan lakukan nanti sebelum perlombaan Superbike tahun ini. Paket wisata ini menjadi pilihan wisatawan nantinya ketika menonton Superbike di Sirkuit Mandalika,” tutupnya. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here