Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin bersama para penerima Bantuan Presiden Produktif bagi pelaku usaha mikro yang disalurkan BNI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (24/8/2020). [dok]

GerbangIndonesia, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Takbir Akbar Virtual guna menyambut hari raya Idul Adha. Adanya pandemi Covid-19 memnbuat pemerintah mengajak masyarakat untuk menggelar takbir bersama-sama di rumah masing-masing.

Acara Takbir Virtual tersebut akan digelar pada Senin (19/7/2021) malam. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat khususnya umat Islam untuk ikut menyambut malam Idul Adha dengan ikut serta dalam acara takbir virtual tersebut.

“Mari meriahkan malam Hari Raya Idul Adha dalam Takbir Akbar Virtual,” ajak Yaqut dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (19/7/2021).

Yaqut menerangkan acara Takbir Akbar Virtual tersebut bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Baca Juga:Demokrat Sentil Jokowi, Andi Arief: Jumlah Yang Divaksin Tidak Seindah Yang Dikemukakan

Selain itu akan hadir pula jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, sejumlah pimpinan lembaga, TNI/Polri, gubernur, hingga elemen masyarakat.

“Mari gemakan takbir, agungkan Asma Allah Yang Mahabesar dan Mahakuasa, dari rumah masing-masing, seraya berharap pandemi ini segera berakhir,” ujarnya.

Takbir Akbar Virtual itu mengusung tema ‘Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat’ dengan tagar #TakbirDiRumahAja.

Yaqut mengungkapkan bahwa Idul Adha itu mengingatkan umat Islam pada pesan penting Rasulullah SAW saat menyampaikan khutbah wukuf pada Haji Wada’ 14 Abad silam.

Salah satunya ialah pesan untuk menjaga darah dan jiwa setiap manusia.

Baca Juga:Antisipasi Klaster Idul Adha, DIY Tiadakan Takbiran dan Salat Id

“Ini pesan yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Karena itu, di momen Iduladha saat pandemi, mari bangun solidaritas bersama untuk Indonesia Sehat,” tandasnya.

Takbir Akbar Virtual akan disiarkan stasiun-stasiun televisi, radio, dan media lainnya, termasuk media sosial. Adapun acara tersebut akan dimulai pada pukul 19.30 WIB. (red)

Editor: Lalu Habib Fadli

Source: Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here