Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy saat menyerahkan SK Desa Wisata, Jumat (17/9). FOTO IST/GERBANGINDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy menyerahkan SK 91 Desa Wisata di Lotim, Jumat (17/9). Dalam penyerahan tersebut dilakukan secara silmbolis, yakni diwakili oleh beberapa desa wisata terpilih yakni Desa Anjani, Pringgasela, Ekas Buana, Sembalun Bumbung, dan Tetebatu.

Baca Juga: Berlanjut, Tim Vaksinator Rumkit Bhayangkara Vaksinasi di Rumah Ibadah

“Masing-masing desa di Lotim sat ini sudah menunjukkan keunggulannya. Seperti Kembang Kuning yang telah berhasil meraih predikat desa wisata terbaik,” ujar Sukiman bangga.

Selain itu, saat ini Desa Kumbang juga telah masuk dalam 10 besar desa yang menerapkan keterbukaan informasi dan desa Tetebatu yang saat ini tengah diperjuangkan sebagai desa wisata terbaik di tingkat internasional.

Kata dia, tujuan utama pembangunan pariwisata ialah untuk menciptakan lapangan kerja dan sebagai sumber Pendapatan, baik Pendapatan Asli Daerah (PAD), devisa, dan Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk pembangunan. Dengan memiliki 91 Desa wisata  diharapkan menjadi salah satu upaya untuk membangun pariwisata berbasis potensi lokal.

“Desa wisata ini dapat dikatagorikan sebagai desa wisata mandiri, desa wisata maju, dan desa wisata berkembang,” ungkapnya.

Adapun, desa wisata tersebut sebelumnya dikuatkan oleh SK Dinas Pariwisata hal tersebut untuk meningkatkan dan mengembangkan desa wisata Pemkab Lotim meningkatkan status Desa Wisata melalui SK Bupati.

“Kami harap wisata Embulan Boroq Dewi Anjani, dapat meraih prestasi. Seperti desa-desa yang lainnya,” harapnya.

Selain itu Bupati juga menyarankan agar adanya jalan alternatif menuju lokasi dan konsep agro wisata untuk pengembangan destinasi.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, Kodim 1606/Mataram Turun ke Sekolah

“Kami juga berharap agar Desa Anjani dapat dikembangkan menjadi Kampung Arab, seperti Tetebatu Selatan yang telah mengembangkan Kampung Inggris,” tutupnya. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here