Personel Kodim 1615/Lotim saat mengamankan Fuso yang membawa kayu sonokeling, Jumat (17/9). FOTO IST/GERBANGINDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Sebuah mobil Truk Fuso dengan Nopol P 8093 UR yang diduga mengangkut kayu jenis sonokeling diamankan satuan Kodim 1615/Lotim bersama Balai KPH Rinjani Timur di Pos Peredaran RPH Pringgabaya, Lotim, Jumat (17/9).

Diketahui Identitas pengemudi atasnama Ryan Dicky Kurniawan, Alamat RT. 002 RW 002, Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga: Berlanjut, Tim Vaksinator Rumkit Bhayangkara Vaksinasi di Rumah Ibadah

Komandan Kodim 1615/Lotim, Letkol Inf Amin M. Said, SH mengatakan, informasi tersebut didapatkan pertamakali dari Batiops Unit Intel Kodim 1615/Lotim yang dihubungi oleh Kasi Perlindungan dan KSDAE BKPH Rinjani Timur, bahwa akan melintas Truk Fuso warna orange yang dicurigai membawa kayu jenis Sonokeling.

“Setelah menerima laporan tersebut kami langsung memerintahkan tim agar membackup rencana pengamanan mobil truck yang dicurigai membawa kayu sonokeling itu,” katanya kepada media, Jumat (17/9).

Setelah dilakukan pengamanan dan pemeriksaan dokumen serta kelengkapan dan berdasarkan hasil pengecekan oleh Satgas ditemukan kayu sonokeling yang diperkirakan sekitar 693 batang dengan volume 18 M3 dan 3 batang bonsai jenis sentigi.

“Dari hasil pemeriksaan kami temukan kayu jenis sonokeling dalam bentuk olehan balok dengan jumlah 693 batang, volume 18 M3 berdasarkan nota angkutan yang digunakan,” katanya.

Kata dia, berdasarkan keterangan dari sopir bahwa kayu sonokeling tersebut akan dibawa ke Pasuruan Jawa Timur. Diindikasikan, kayu sonokeling tersebut berasal dari Pulau Sumbawa dengan nama pengirim Yendrik alamat Sumbawa dengan Penerima CV. Cahaya Sejati, Pasuruan, Jatim.

“Kayu sonokeling diamankan karena tidak dilengkapi dengan dokumen angkut yang sah,” jelasnya.

Pemilik kayu sonokeling tersebut melanggar Instruksi Gubernur NTB tentang moratorium penebangan dan peredaran hasil hutan kayu di wilayah NTB. Hal tersebut sesuai Instruksi Gubernur Nomor : 188.4.5-75/Kum Tahun 2020 tanggal 18 Desember 2020.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi, Kodim 1606/Mataram Turun ke Sekolah

Adapun Truk Fuso bersama barang bukti saat ini telah dibawa ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB di Mataram untuk dilakukan peroses lebih lanjut. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here