Sejumlah anggota Kodim 1628/SB tengah membersihkan sampah di bibir pantai, Selasa (28/9). FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Sumbawa Barat – Kodim 1628/SB menggelar Karya Bhakti dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI ke-76, Selasa (28/9). Karya Bhakti kali ini mengambil tempat di dua pantai sekaligus, yakni Pantai Balad Taliwang dan Pantai Sawe Jereweh.

Baca Juga: Digadang-gadang Maju di Pilgub NTB, Jawaban HBK di Luar Dugaan

Sebelum dilaksanakan pembersihan pantai, kegiatan ini diawali dengan apel pengecekan seluruh personel yang terlibat dan menerap Prokes Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1628/SB, Letkol Czi. Sunardi ST., M. IP., menyampaikan terimakasih atas kehadiran kepedulian seluruh peserta yang berkesempatan mengikuti kegiatan Karya Bhakti pembersihan pantai dalam rangka HUT TNI ke-76.

“Selain jelang HUT TNI, kegiatan ini juga dalam rangka membangkitkan budaya hidup bersih dan semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat. Mengingat Pantai Balad dan Pantai Sawe merupakan objek wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan,” ujar Dandim.

Untuk diketahui lanjut Dandim, dampak bencana non alam pandemi Covid-19 yang menimpa Dunia saat ini, tidak hanya berdampak pada satu lini kehidupan saja. Namun juga membawa dampak secara luas. Salah satunya sektor pariwisata. Oleh sebab itu, kegiatan kebersihan dan penataan kembali tempat-tempat wisata perlu digalakkan kembali, sehingga dapat mengembalikan daya tarik destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa Barat.

“Melalui kesempatan yang baik ini saya mengajak kita semua di Tanah Pariri Lema Bariri untuk membudayakan hidup bersih secara rutin dan berkala di lingkungan masing-masing. Sehingga lingkungan yang sehat, bersih dan indah untuk ditinggali maupun dikunjungi dalam kesehariannya,” pesan Dandim.

Selain itu, menghadapi masuknya musim penghujan, Dandim juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor. Caranya dengan upaya pencegahan dengan melakukan pembersihan dilingkungan masing-masing.

“Saya berpesan, kegiatan positif seperti ini agar terus digalakkan dan ditingkatkan bersama. Sehingga merujuk pada lingkungan yang sehat, bersih dan indah,” harapnya.

Sementara itu, di Pantai Sawe Kecamatan Jereweh, Kasdim 1628/SB, Mayor Inf. Dahlan menyatakan, Karya Bhakti TNI pembersihan pantai ini sebagai salah satu bentuk ikhtiar untuk mendapatkan rido Allah SWT.

“Kita wujud nyatakan rasa syukur itu pagi ini dengan melakukan kegiatan positif secara bersama seperti digambarkan dalam tema HUT TNI ke-76 yakni Bersatu Berjuang Kita Pasti Menang. Karena dengan bersatu akan menjadi kekuatan dalam menghadapi setiap permasalahan yang kita hadapi dan akan lebih mudah dalam penanganannya,” cetusnya.

Kegiatan yang dilaksanakan saat ini juga lanjut Kasdim, dilaksanakan juga dalam rangka mempererat tali silaturahim antar sesama. Kemudian ikhtiar ini juga dalam rangka wujud bagaimana kita menggapai obsesi dan cita-cita dan harapan kita salah satunya adalah untuk mensyukuri 76 tahun usia TNI kita.

Baca Juga: Lombok Football Club Bakal Kontrak Pemain Persiraja Hingga Persija 

Adapun yang terlibat dalam kegiatan tersebut personil Kodim 1628/SB, Personil Polres Sumbawa Barat, Personil Brimob, Dinas LHK, Dinas Pariwisata, Sat Pol PP, Perwakilan Dari Aparatur Kecamatan, Lurah Desa Agen PDPGR, Pok Darwis, Mahasiswa Pelajar dan  Insan Pers, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Kodim 1628/SB. (abi)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here