Ketua Panitia Beserta Sejumlah Pejabat Pemprov NTB Usai Menggelar Konverensi Pers. foto Lalu Habib Fadli/GerbangIndonesia

GerbangIndonesia, Mataram – Hutama Karya Endurance Challenge (HKEC) dipastikan bakal digelar 17 Oktober mendatang. Event ini mengusung konsep triathlon, namun jarak tempuhnya lebih ekstrem.
Peserta akan menempuh olahraga renang sejauh 2 kilometer, bersepeda 100 kilometer, dan lari sejauh 21 kilometer.

“Jadi peserta itu renang dari garis start di Gili Air Lombok Utara menuju ke Pantai Sire, kemudian bersepeda melalui jalur Senggigi hingga ke KEK Mandalika, baru mereka lari di lingkaran Sirkuit Mandalika,” ujar Ketua HK Endurance Challenge, Oktavianus Sitanggang di Mataram, Rabu (13/10).

Baca Juga: Gelaran Superbike Kado Terindah HUT TNI ke-76

Sedangkan rute yang digunakan mulai dari Lombok Utara, Mataram, Lombok Barat, dan finish Lombok Tengah.

Rencananya event ini akan melibatkan peserta dari sejumlah Negara dari lima benua. Ada pula sejumlah peserta dari Indonesia, bahkan Nusa Tenggara Barat. Termasuk melibatkan atlet triathlon nasional. Dengan harapan cabor triathlon maupun olahraga ekstrem bisa semakin dikenal masyarakat luas.

Dikatakan Okta sapaannya, Lombok memang cocok untuk dikembangkan sebagai lokasi sport tourism. Sebab Lombok sudah memiliki alam yang sangat bagus. Ditambah lagi dengan keberadaan Sirkuit Mandalika, yang dalam waktu dekat bakal menyelenggarakan World Superbike.

“Saya yakin event ini akan sukses. Nanti juga kita akan minta semua peserta untuk turut mempromosikan Lombok usai perlombaan,” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi menambahkan, event ini sangat baik bagi pariwisata NTB. Sebab event ini menjadi awal bangkitnya pariwisata NTB sejak merebaknya pandemic awal 2020 lalu.

“Ini juga bagian dari event pembuka jelang World Superbike,” ujar Yusron.

Di satu sisi, sebagai salah satu langkah promosi wisata, Pemprov juga bakal mennggelar bazar UMKM. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM lokal.

“Nanti kita siapkan stand khusus di sekitar Sirkuit Mandalika,” tukasnya.

Baca Juga: Soal Calon Sekwil NasDem NTB, TGH Fauzan: Santai, Jangan Tegang!

Adapun jalur yang bakal dilalui para peserta yakni garis start di Pantai Gili Air menuju Pantai Sire Lombok Utara (berenang), kemudian bersepeda dari Pantai Sire melalui Pemenang-Pantai Senggigi-Ampenan-Pantai Loang Baloq-Bypass II-Bypass I-Bypass Baru Bandara-Sirkuit Mandalika. Dari gerbang Sirkuit kemudian peserta berlari berkeliling Sirkuit Mandalika sejauh 21 Km. (abi)

Editor:Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here