Kadis Disnakertrans Lotim, H SUPARDI. FOTO SUPARDI/GERBANG INDONESIA





GerbangIndonesia, Lotim – Sejak mewabahnya Covid-19, Negara Malaysia hingga saat ini belum juga membuka negaranya untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI). Seperti diungkapkan Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lotim, H Supardi.

Baca Juga: Jajal Sirkuit Mandalika, Presiden: Banyak Tikungan Tajam, Sulit untuk Saya!

“Alasannya kita tidak bisa menduga-duga. Yang jelas sejak terjadinya Covid-19 Malaysia belum buka sampai sekarang,” beber Supardi saat ditemui di Selong, Senin (22/11).

Kata dia, negara yang sudah membuka negaranya untuk PMI saat ini sudah 58 negara. Akan tetapi negara-negara yang buka tersebut bukan negara yang menjadi mayoritas tujuan PMI, khususnya PMI asal Lotim.

Negara-negara yang buka tersebut juga merupakan negara-negara yang membutuhkan skill khusus, sehingga jarang PMI yang mengunjunginya.

“Negara-negara ini membutuhkan skill khusus, seperti Polandia. Tapi Polandia ini sudah ada yang daftar, namun belum bisa berangkat karena terkendala visa,” sebutnya.

Baca Juga: Disalahkan, Pawang Hujan Sirkuit Mandalika Lapor Polisi

Lanjut Supardi, untuk pemulangan PMI sendiri tetap berlangsung. Tercatat sampai saat ini sebanyak 8.000 PMI asal Lotim, sudah dipulangkan. Baik yang habis kontrak maupun yang non-prosedural. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here