Kabid Pengendalian penduduk (Dalduk) BP3AKB Lotim, Lalu Muhammad Anwar. FOTO SUPARDI/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur menargetkan pertumbuhan penduduk di Lotim tumbuh seimbang pada tahun 2030 mendatang.

Baca Juga: Disalahkan, Pawang Hujan Sirkuit Mandalika Lapor Polisi

Kabid Pengendalian penduduk (Dalduk) BP3AKB Lotim, Lalu Muhammad Anwar menyampaikan, melaui program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu metode pengendalian penduduk.

“Pengendalian itu jadi tidak hanya kualitas saja, tapi kuantitas dan pemerataan juga yang harus kita kendalikan,” terangnya, Jumat (26/11).

Kata dia, target Total Fertility Rate (TFR) KB pada tahun depan sebanyak 2,21. Dimana  setiap perempuan selama masa subur melahirkan, memiliki anak hanya 2,1 saja.

“Artinya selama masa subur melahirkan itu, perempuan hanya memiliki anak ada yang 2 ,ada yang 1 dan 3. Karena kita ingin mencapai Lotim tumbuh seimbang itu pada tahun 2030,” katanya.

Tumbuh seimbang yang dimaksudkan ialah jumlah kematian dan kelahiran anak di Lotim berimbang yakni satu kematian satu kelahiran, namun jumlah JFR prempuan tetap 2,21.

Baca Juga: Jajal Sirkuit Mandalika, Presiden: Banyak Tikungan Tajam, Sulit untuk Saya!

“Target JFR kita belum bisa kita kejar sekarang, target kita pada tahun 2030 akan ketemu yang ideal tumbuh seimbang itu,” tutupnya. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here