Pimred Gerbang Indonesia, Lalu Habib Fadli (paling kanan) saat menjalani ibadah umrah beberapa waktu lalu. FOTO DOKUMEN PRIBADI



GerbangIndonesia, Mataram – Kementerian Agama Kota Mataram hingga kini belum mendapatkan kepastian terkait pelaksanaan umrah dari pemerintah pusat. Padahal direncanakan pelaksanaan ibadah sunah tersebut akan mulai dilaksanakan pada Desember ini.

Baca Juga: Lima Zodiak Ini Diprediksi Bakal Kaya Raya di Masa Depan, Kamu Termasuk?

“Belum. Ini kan pemerintah pusat umrah infomasinya Desember dan Januari. Kemarin pada saat pertemuan ada kegiatan di Aruna ada Pak Dirjen haji yang datang. Belum ada diinformasikan secara resmi dan secara tertulis yang kita terima,” ujar Kepala Kementerian Agama Kota Mataram, H Muhammad Amin Senin (13/12) di Mataram.

Ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa pelaksanaan umrah akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021 dan Januari 2022. Jika pelaksanaan umrah dengan protokol kesehatan bisa berjalan lancar, maka akan menjadi aturan pada saat pelaksanan ibadah haji nanti.

“Tapi kan informasinya hingga kini hitam di atas putih belum ada. Sampai sekarang ini belum ada informasinya,” katanya.

Sementara untuk persiapan ia menjelaskan akan dilakukan oleh pihak travel untuk pelaksanaan ibadah umrah. Sedangkan untuk haji saat ini belum ada persiapan apapun yang dilakukan, karena menunggu arahan dari pemerintah pusat.

“Kalau umrah yang akan menyiapkannya ada travel, karena penyelenggaranya adalah travel. Kalau untuk haji ini sampai sekarang belum melakukan apa-apa karena ada arahan dari pusat,” ucapnya.

Di sisi lain, Kemenag Kota Mataram juga belum mendapatkan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis terkait pelaksanaan ibadah haji.

“Belum ada pentujuk pelaksana dan teknis dari pusat,” tegasnya.

Kendati demikian, Kemenag Kota Mataram masih tetap menerima pendaftaran jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji. Tidak itu saja, jamaah juga banyak yang melakukan pembatalan dengna mengambil kembali BPIH yang sudah dibayarkan.

“Yang masih sampai saat ini ada menerima pendaftaran dan pembatalan serta menerima pelimpahan dari jamaah yang sudah ada,” tutupnya.

Baca Juga: Puji Program Kampung Sehat, Gubernur NTB: Mampu Tekan Covid-19

Pembukaan kembali pelaksanaan ibadah umroh ini sangat ditunggu oleh pihak travel. Pasalnya, jamaah yang sudah menunggu keberangkatan cukup banyak. Salah satunya di travel haji dan umrah Muhsinin. Dimana, jamaah yang sedang menunggu keberangkatan mencapai 250 orang. (jmh)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here