Kasi P3KL Dikes Lotim, Sinawan. FOTO LALU HABIB FADLI/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Timur tengah mengebut capaian vaksinasi terhadap lanjut usia (lansia). Mengingat capaian vaksinasi untuk lansia masih sangat rendah.

Baca Juga: Puji Program Kampung Sehat, Gubernur NTB: Mampu Tekan Covid-19

Kepala Seksi P3KL Dikes Lotim, Sinawan menyampaikan, capaian vaksinasi terhadap lansia di Lotim saat ini baru mencapai 55,73 persen. Sehingga pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-9 tahun belum bisa dilakukan.

“Syarat untuk melakukan vaksinasi kepada anak usia 6-9 tahun itu mencapai target dulu. Minimal capaian vaksinasi dosis pertama itu 70 persen dan lansia 60 persen. Makanya kita lagi mengejar itu,” jelas Sinawan saat ditemui di ruangannya, Senin (20/12).

Pihaknya menargetkan pada Desember ini vaksinasi terhadap lansia di Lotim sudah bisa mencapai 60 persen lebih. Mengingat jumlah yang sudah tervaksin hanya kurang beberapa persen saja untuk bisa mencapai target dari jumlah 86.938 orang lansia.

Sinawan mengakui, susahnya mencapai target untuk vaksinasi lansia dikarenakan banyaknya lansia yang disertai dengan comorbit atau penyakit bawaan, seperti asam urat, diabets dan beberapa penyakit lainnya.

Dari ratusan lansia yang menghadiri pelaksanaan vaksinasi di gerai-gerai vaksin yang ada di Lotim misalnya, tedapat 20-25 lansia tidak bisa mendapatkan vaksin karena adanya comorbit tersebut.

“Hampir setiap gerai ada saja yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi karena comorbit. Dari 200 yang hadir, sekitar 20 orang yang kadang tidak bisa divaksin,” urainya.

Baca Juga: Lima Zodiak Ini Diprediksi Bakal Kaya Raya di Masa Depan, Kamu Termasuk?

Kendati demikian, lanjut Sinawan, lansia dengan comorbit tersebut bukan berarti tidak bisa mendaptkan vaksinasi untuk selamanya. Akan tetapi nantinya para lansia tersebut akan diberikan penanganan dan dilakuakan pengecekan kembali. Apabila comorbitnya sudah mengalami perubahan, maka mereka akan bisa divaksin. (abi)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here