Salah seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Selong saat memberikan pakan kepada sampai ketika mengikuti pelatihan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) beternak sapi. FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selong Kanwil Kemnkumham NTB, memberikan pelatihan beternak sapi kepada Warga Binaan Pemasyrakatan (WBP). Hal tersebut dilakukan untuk menggali potensi yang dimiliki masing-masing WBP.

Baca Juga: Warga Kota Malang Sambut Baik Hadirnya Mall Pelayanan Publik Merdeka

Kalapas Kelas IIB Selong, Purniawal menyampaiakan, melalui program peternak sapi di Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas kelas IIB Selong yang berada di Dusun Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya tersebut juga sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minat para WBP.

“Program peternakan ini sebagai salah satu cara kami untuk menggali potensi yang dimiliki oleh para WBP sekaligus sebagai sarana untuk menyalurkan bakat dan minat mereka,” jelas Purniawal di Selong, Jumat (7/1).

Dalam program tersebut, WBP dilatih bagaimana cara beternak sapi yang baik mulai dari pembersihan kandang, hingga pemilihan dan pembabatan rumput yang digunakan sebagai pakan sapi.

“Untuk menjalankan program ini ,kami lakukan pendekatan secara humanis dulu, karena siapapun mereka, kita tetap menghargai mereka, sehingga melalui program ini kami ingin memajukan potensi yang ada dalam diri mereka,” katanya.

Selain itu, melalui program tersebut juga diharapkan nantinya, ketika para WBP telah bebas para WBP yang mengikuti pelatihan tersebut bisa membuka usaha peternakan di kampung masing-masing.

Baca Juga: Viral Karena Sebut Makam Ulama Tai Anj*ng, Ustad Mizan Qudsiah Bakal Dilaporkan ke Polisi

“Kalaupun mereka tidak mempunyai modal untuk membeli sapi, tetapi sedikit tidaknya  mereka sudah mempunyai ilmu dalam beternak sapi,” tutupnya. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here