Pembukaan MTQ XXIX tingkat Provinsi NTB di Lapangan Gotong Royong Masbagik. Kamis malam, (30/6). FOTO SUPARDI/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy bersama Gubernur NTB H Zulkieflimansyah membuka MTQ XXIX tingkat Provinsi NTB tahun 2022 yang berlangsung di Kabupaten Lombok Timur. Pembukaan ditandai pemukulan bedug dan disaksikan seluruh undangan yang hadir di Lapangan Gotong Royong Masbagik, Kamis malam (30/6).

Baca Juga: Demi Indonesia Emas 2045, Kapolri Minta Serikat Mahasiswa Muslimin Ingat Soal Ini..

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dalam sambutannya berharap MTQ menjadi syiar yang membuat masyarakt NTB menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Quran.

“Al-Quran sebagai wajah Islam yang sesungguhnya, the true face of Islam,” ucapnya berkali-kali, saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQ XXIX tingkat Provinsi NTB.

Ia berharap setiap orang yang berkunjung ke NTB akan menemukan wajah Islam yang sesungguhnya. Mengingat saat ini NTB akan semakin banyak dikunjungi dengan kehadiran berbagai kegiatan berskala nasional, bahkan internasional.

“NTB akan banyak didatangi oleh berbagai macam manusia. Untuk itu kami harap agar kita sebagai tuan rumah untuk menjadi tuan rumah yang baik ramah dan sopan, dan bisa melihat dan merasakan keindahan Islam di NTB ini,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy berharap, selain sebagai ajang silaturahim, MTQ kali ini juga berhasil menggugah seluruh warga NTB untuk membaca, mempelajari, memahami, menghayati, dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga dengan terselenggaranya MTQ ini bisaenggugah seluruh warga NTB untuk membaca dan mempelajari Al Quran,” katanya.

Dalam laporannya Bupati juga menguraikan rangkaian kegiatan MTQ XXIX. Mulai dari malam taaruf, pawai taaruf, upacara pembukaan, pelaksanaan lomba, rapat pleno dewan hakim, serta penutupan pada 6 Juli mendatang.

Bupati Sukiman pula menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung kelancaran dan kemeriahan pelaksanaan rangkaian kegiatan MTQ. Tidak hanya Pemerintah Provinsi NTB, Bupati juga memberikan apresiasi kepada Kepala Daerah se-NTB, utamanya Bupati Lombok Tengah atas dukungannya pada pawai taaruf.

“Terimakasih kepada Bupati Lombok tengah yang telah mengutus para ASN-nya untuk mengikuti pawai taaruf,” ucapnya.

Pada pembukaan yang dibuka apik tarian kolosal dari pelajar Lombok Timur itu dilakukan pula pelantikan dewan hakam MTQ XXIX. Dewan hakam ini akan memastikan kualitas lomba melalui penilaian objektif.

Adapun dalam MTQ kali ini, terdapat delapan majelis dengan 23 mata lomba yang diikuti 517 peserta. Rinciannya, Kota Mataram 54 orang, Lombok Barat 54 orang, Lombok Tengah 54 orang, Lombok Utara 50 orang, Sumbawa Barat 46 orang. Sumbawa 44 orang, Dompu 54 orang, Bima 54 orang, Kota Bima 54 orang, dan Lombok Timur 53 orang.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Disebut Bakal Punya Kekuatan Besar Jika Didampingi Sosok Ini di Pilpres 2024

Kemudian untuk lokasi, cabang tilawah golongan anak-anak, remaja, dewasa, dan cacat netra berlangsung di arena utama, Lapangan Gotong-royong Masbagik. Sementara itu cabang tilawah gol. Qiroatussab’ah di (Majelis II) Masjid Agung Al-Mujahidin, Selong. Cabang tilawah gol. tartil dan cabang tahfiz Al-Qur’an gol. 1 Juz, 5 Juz dan tilawah di (Majelis III) di Masjid Besar At-Taqwa, Pancor. Cabang Tahfiz Al-Qur’an gol. 10, 20 dan 30 Juz di (Majelis IV) Masjid Jami’ Al-Akbar, Masbagik. Cabang Tafsir Al-Qur’an gol. Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di (Majelis V) di Masjid Jami’ Anji Ma’ra, Desa Dasan Lekong. Cabang Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an dilaksanakan di (Majlis VI) Gedung Wanita, Selong. Cabang Khottil Qur’an gol. Naskah, Hiasan Mushaf dan Dekorasi serta Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ) berlangsung di (Majlis VIII), Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lenek. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here