Diskusi virtual yang mengusung tema ”Tips dan Trik Cara Membuat Konten yang Menarik”. FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Mataram – Pengin tahu tips dan trik membuat konten digital yang menarik? Yuk, ikuti webinar literasi digital untuk komunitas digital wilayah Bali-Nusa Tenggara, yang akan diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (30/3) pagi, pukul 10.00 WITA.

Baca Juga: Isu Penculikan di Narmada Ternyata Hoaks, Polisi Sebut Penyebarnya Harus Ditangkap

Diskusi virtual yang mengusung tema ”Tips dan Trik Cara Membuat Konten yang Menarik” itu menghadirkan narasumber: Kepala Balai Teknologi Informasi dan Data Pendidikan Dikbud NTB Agus Siswoaji Utomo, Kepala Cabang Dinas Dikbud Lombok Tengah Syarif Hidayatullah, Kadis Kominfotik NTB Najamuddin Amy, dan Anissa Rilia sebagai moderator.

”Diskusi gratis ini bisa diikuti dengan cara mendaftar ke link registrasi peserta di https://s.id/pendaftaranbalinustra3003. Selain mendapat e-sertifikat, panitia juga menyediakan hadiah e-money sebesar Rp 1.000.000.- untuk 10 peserta yang beruntung,” tulis Kemenkominfo dalam rilisnya kepada awak media, Rabu (29/3).

Kemenkominfo menjelaskan, berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada 2021 lalu, didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00. Dengan skor tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masuk dalam kategori ”sedang”.

”Secara keseluruhan, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 mencapai 3.49 dari skala 1-5, atau naik dari pencapaian tahun sebelumnya 3.46,” jelas Kemenkominfo.
Kegiatan webinar literasi digital di lingkungan kelompok masyarakat (komunitas) merupakan salah satu upaya Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan dan komunitas digital menuju Indonesia #MakinCakapDigital. ”Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024,” imbuh Kemenkominfo.

Terkait tema webinar, Kemenkominfo menegaskan, era digital telah memunculkan profesi baru yang disebut konten kreator atau YouTuber. ”Perlu adanya dedikasi, kreativitas, dan produktivitas yang dibutuhkan agar bisa membuat konten yang menarik,” tegasnya.

Selain itu, menurut Kemenkominfo, tips dan trik membuat konten menarik, yakni bersifat orisinil, fokus menciptakan headline yang kuat, bersifat solutif, informatif, menciptakan engaging konten, tambahan ilustrasi gambar dan video, dan menulis konten pendek dan meruncing.
Tahun ini, kegiatan #literasidigitalkominfo mulai dilaksanakan sejak 27 Januari 2023, dengan mengusung program: Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD). Program besutan Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.
Program IMCD pada 2023 ini menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.
Seluruh program IMCD selalu membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Skor tertinggi indeks literasi digital Indonesia diraih pilar budaya digital dengan skor 3.90.

”Diikuti etika digital skor sebesar 3.53, dan kecakapan digital sebesar 3.44. Keamanan digital mendapat skor terendah, 3.10 atau sedikit di atas sedang,” urai Kemenkominfo.

Program IMCD semakin urgen, lanjut Kemenkominfo, lantaran survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan We Are Social menemukan bahwa pengguna internet dan media sosial pada periode 2021-2022 sudah mencapai 220 juta orang. ”Padahal, pada 2019, jumlah itu tak lebih dari 175 juta orang,” jelasnya.

Baca Juga: Cerita Warga Berau Melepas Rindu Setelah 9 Tahun Menunggu Kedatangan TGB

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo. (*)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here