Harian Nasional Partai Perindo, TGB HM Zainul Majdi bersama Waketum DPP Partai Perindo Boyke Novrizon, Ketua DPW Perindo Jatim HM Mirdasy saat berada di wilayah Mataraman, Jawa Timur beberapa waktu lalu. FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Jakarta – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) kini masuk dalam 10 besar tingkat elektabilitas partai politik. Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Political Statistics (POLSTAT).

Baca Juga: Ternyata Indonesia Awalnya Bersaing dengan Meksiko dan Brazil, ITDC: Ezpeleta Pilih Mandalika

“Terdapat temuan menarik dalam survei Polstat kali ini, yakni Partai Perindo mampu mengungguli partai-partai parlemen seperti PAN dan PPP dengan elektabilitas 3,7 persen,” kata Peneliti Senior Polstat Zaki Darmawan Sharazani saat menyampaikan hasil survei secara daring, Jumat (16/9/2022).

Partai Perindo, kata Zaki, mendapatkan persentase persis seperti Partai Nasdem yakni 3,7 persen, sementara PAN 2,3 persen dan PPP 1,7 persen.

Adapun peringkat pertama diduduki oleh PDI Perjuangan dengan persentase sebesar 22,6 persen, dan diikuti Partai Gerindra yakni 16,8 persen, lalu Partai Golkar 10,5 persen.

“Sebanyak 22,6 persen responden mengaku akan memilih PDI Perjuangan, kemudian 16,8 persen mengaku akan memilih Partai Gerindra, disusul Partai Golkar 10,5 persen, dan Partai Demokrat 10.1 persen,” ucap Zaki.

Sebagai informasi, Survei Polstat dilakukan pada tanggal 1 hingga 10 September 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP. Jumlah sampel sebesar 1200 responden, dan diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error kurang lebih 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Lalu pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner.

Baca Juga: Cerita Warga Berau Melepas Rindu Setelah 9 Tahun Menunggu Kedatangan TGB

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen tinggal di pedesaan dan 40 persen di perkotaan. (*)

Source: SindoNews.com

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here