Apel kesiapan dan deklarasi damai pemilihan kepala desa serentak di halaman Kantor Bupati Lotim. FOTO IST/GERBANGINDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Sebanyak 29 desa di Lombok Timur bakal melakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada Rabu (28/7) mendatang. Pilkades ini diikuti 122 calon kepala desa.

Bupati Lombok Timur, HH Sukiman Azmy menyampaikan, untuk menyukseskan Pilkades serentak ini, kesiapan sangat penting. Baik dari tingkat kabupaten hingga di tingkat desa.

Baca Juga: Najamuddin Ungkap Bobroknya Penerapan PPKM di Indonesia

“Saya yakin semua pihak yang terlibat dalam Pilkades ini sudah melakukan kesiapan dengan baik, tapi penting pula mempersiapkan alternatif ketika terjadi hal-hal di luar skenario,” terang Sukiman saat melakukan apel kesiapan dan deklarasi damai di halaman Kantor Bupati Lotim, Senin (26/7).

Bupati juga meminta kepada panitia Pilkades serentak tersebut untuk mengkaji alternatif yang dapat diambil ketika ada kondisi yang tidak sesuai dengan rencana.

Ia mengingatkan, agar semua calon dalam Pilkades untuk sepakat menjamin kelancaran, kesuksesan, serta terjaganya stabilitas keamanan dan ketertiban selama Pilkades, sebagaimana poin deklarasi yang telah dibacakan perwakilan peserta Pilkades.

“Saya harap juga agar pada saat pemilihan agar menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik sebelum maupun sesudah Pilkades,” pinta Sukiman.

Sukiman menyebutkan, saat ini kasus Covid-19 di Lotim dalam beberapa hari terakhir ini mengalami peningkatan. Sehingga Lotim saat ini kembali berada di zona orange.

“Covid-19 itu nyata, tokoh dan putra terbaik daerah ini sudah banyak yang meninggal dunia. Perketat protokol kesehatan, tindak tegas yang melanggar,” tegas Sukiman.

Baca Juga: Bikin Bangga, NTB Daerah Terinovatif di Bawah Jawa Tengah

Dalam deklarasi tersebut para calon diharapkan untuk siap menang dan siap kalah dan mengedepankan semangat kejujuran, kebenaran, keterbukaan dan kepatutan. Termasuk tidak memancing potensi konflik dan munculnya kerumunan pada situasi pandemi Covid-19 saat ini. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here