Petugas kepolisian saat mendatangi TKP pembuangan Orok bayi, di Kokok Kermit Dusun Dasan Buwuh, Desa Montong Baan Kecamatan Sikur, Lombok Timur. FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Lotim – Warga Montong Baan digegerkan dengan penemuan orok bayi yang berjenis kelamin perempuan di Kokok Kermit Dusun Dasan Buwuh, Desa Montong Baan Kecamatan Sikur, Lombok Timur, Jumat (24/9).

Kasubag Humas Polres Lotim, Iptu Lalu Jaharudin menceritakan, penemuan orok bayi tersebut sekitar pukul 16.30 wita. Dimana empat orang anak desa setempat, sedang melintas di pinggiran Sungai Kermit sepulang mengaji.

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi Kodim 1606/Mataram Berlanjut, Kali Ini Giliran SMKN 1 Mataram

“Ketua dua orang anak atasnama Fani dan Nyoman hendak membuang air kecil, selanjutnya mereka turun ke sungai dan melihat orok bayi itu,” kata Jaharudi, Sabtu (25/9).

Melihat hal tersebut ke empat anak tersebut langsung bergegas pulang. Namun sebelum sampai di rumahnya salah satu anak tersebut bertemu dengan ibunya yakni yang secara kebetulan sedang mencarinya.

Selanjutnya, keempat anak tersebut menceritakan bahwa mereka menemukan orok bayi yang di lihatnya tergeletak di pinggir sungai.

“Mendengar cerita dari anak-anak itu, ibu Fitriani langsung mengajak ke empat anak tersebut ke sungai untuk memastikan keberadaan orok bayi itu,” ulasnya.

Setelah melihat dengan jelas bahwa itu orok bayi, ibu Fitriani kemudian menelpon Kepala Wilayah Dasan Buwuh dan Kawil Lelepang, selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sikur.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis PKM Sikur, bahwa diketahui bayi tersebut dilahirkan dalam keadaan normal namun sudah meninggal dunia.

“Setelah selesai divisum, orok bayi tersebut langsung di makamkan oleh masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Jelang HUT TNI ke-76, Korem 162/WB Bagi-bagi Paket Sembako

Orok bayi tersebut diperkirakan meninggal dunia sekitar kurang lebih tiga hari, dengan berat badan 2 kg,  lingkar kepala 35 cm, panjang bandan 52cm, lingkar perut 21 cm, lingkar dada 31 cm, lingkar mata 0,5 cm.

Pada jasad orok bayi tersebut juga terdapat luka lebam pada pipi kanan. Ada juga luka di pinggang  dengan panjang tujuh cm, luka di kaki kiri robek lebar 6 cm. Kini aparat kepolisian tengah mencari pembuangan bayi tersebut. (par)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here