Terduga pelaku cabul di Lombok Utara. FOTO IST/GERBANG INDONESIA

GerbangIndonesia, Lombok Utara – Satreskrim Polres Lombok Utara mengamankan terduga pelaku pencabulan yang dilakukan oleh seorang laki-laki berinisial MRH Alias OPA (35), pekerjaan honorer asal Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Kejadian diperkirakan terjadi dalam rentang tahun 2022 hingga 2023.

Baca Juga: Beruntungnya! Bocah SD Dapat Undian Rumah, Event Jalan Sehat HUT PTAM Giri Menang ke-43

Kapolres Lombok Utara melalui Kasat Reskrim Polres Lombok Utara, AKP I Made Sukadana menyampaikan, kronologis kejadiannya berawal pada Rabu, 13 September 2023. Saat itu korban dijemput ibunya dari rumah mantan suami di Santong untuk dibawa ke Mataram. Korban kemudian diajak ibunya liburan ke rumah neneknya di Alas Sumbawa.

Setelah korban berada di rumah neneknya di Sumbawa, sekitar 16 September 2023, korban dimandikan neneknya. Pada saat mandi itulah korban mengeluh merasakan sakit pada kemaluannya.

“Saat ditanya neneknya sakit apa, korban menyampaikan sakit di bagian kemaluan yang dilakukan oleh paman Opa (terduga pelaku). Kemudian korban dibawa Puskesmas Alas Sumbawa untuk pemeriksaan,” terang Kasat Reskrim.

Sukadana menyebutkan, dari hasil pemeriksaan, diduga korban mengalami luka robek pada bagian kemaluannya.

“Mengingat locus delictinya berada di Lombok, kemudian korban dibawa ke Lombok Utara untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polres Lombok Utara,” imbuh Sukadana.

Sehubungan dengan dugaan terjadinya pencabulan terhadap anak di bawah umur lanjut Sukadana, anggota Polsek Kayangan merespons cepat informasi dugaan terjadinya pencabulan yang dilakukan oleh terduga pelaku MRH Alias OPA terhadap korban.

“Ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama seperti main hakim sendiri dan lain-lain,” ujarnya.

Dibeberkan Sukadana, terduga pelaku MRH alias OPA melakukan perbuatan cabul kepada korban yang tidak lain adalah keponakan sendiri, masih anak-anak yang dilakukan di rumahnya.

“Terduga pelaku melakukan perbuatannya dengan cara memberikan makanan jely kepada korban. Terduga pelaku mengancam korban untuk tidak menceritakan kepada siapapun,” ulas dia.

Sukadana lantas menceritakan bahwa terduga pelaku melakukan perbuatan bejatnya kepada korban di rumah mertuanya. Terduga pelaku telah melakukan perbuatan bejatnya sebanyak dua kali pada September 2023.

“Terduga pelaku melakukan perbuatannya dengan cara memasukkan jari tangannya ke kemaluan korban,” tutur Sukadana.

Terhadap kejadian itu, Kasat Reskrim saat ini masih mendalami laporan tersebut sembari melakukan penyelidikan. Mengingat tempo delictinya sudah lama yaitu antara tahun 2022 hingga 2023.

“Maka kami masih lakukan pemeriksaan beberapa saksi untuk membuat terang perbuatan pidana dilakukan oleh terduga pelaku,” imbuhnya lagi.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Disebut Bakal Punya Kekuatan Besar Jika Didampingi Sosok Ini di Pilpres 2024

Kasat Reskrim menyebutkan, jika kasusnya sudah terang berdasarkan laporan aduan tersebut, pelaku patut di diduga melakukan perbuatan tidak Pidana Persetubuhan dan atau Perbuatan Cabul terhadap anak sebagaimana diatur dalam Pasal 81 ayat 1 jo Pasal 76E dan atau pasal 82 ayat 1 jo Pasal 76D. Terduga pelaku terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara. (*)

Editor: Lalu Habib Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here